Jumat 20 Sep 2013 18:31 WIB

Pandangan PKS Soal Pemimpin Muda

Rep: Irfan Fitrat/ Red: Mansyur Faqih
Sekjen PKS Muhammad Taufik Ridho
Foto: Yasin Habibi/Republika
Sekjen PKS Muhammad Taufik Ridho

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekjen DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Taufik Ridho memandang positif munculnya generasi muda sebagai pemimpin. Menurutnya, kemunculan pemimpin muda tengah menjadi fenomena meski pun belum terjadi di seluruh Indonesia.

Menurut Taufik, generasi muda selama ini identik dengan sosok enerjik dan memiliki ide kreatif. Pemimpin muda juga mempunyai daya tarik bagi masyarakat. Karenanya ia mendukung generasi muda yang mempunyai visi dan misi bagus untuk menjadi pemimpin.

"Selama untuk kebaikan dan kemajuan bangsa, itu bagus," kata dia, saat dihubungi Republika, Jumat (20/9).

Hanya saja, ujarnya, usia tak menjadi tolok ukur utama sebagai pemimpin. Kapasitas dan kapabilitas yang harus menjadi faktor pertimbangan. Calon pemimpin juga harus mempunyai narasi kepemimpinan yang baik. "Juga memiliki visi-misi yang bagus. Itu tetap menjadi yang utama," kata dia.

Karena itu, paparnya, generasi yang lebih berpengalaman pun tetap masuk dalam hitungan untuk menjadi pemimpin jika punya kemampuan dan visi-misi yang bagus. "Kalau yang muda tidak mempunyai hal itu, untuk apa (dipilih)," ujar dia.

Taufik menambahkan, pemimpin yang bisa merangkul generasi muda juga patut diperhitungkan. Mengingat pangsa pasar saat ini didominasi oleh anak-anak muda. Salah satu generasi muda yang naik menjadi pemimpin adalah Ridwan Kamil. PKS menjadi salah satu partai yang mengusung Ridwan untuk menjadi Wali Kota Bandung.

Taufik menilai Ridwan mempunyai visi misi yang bagus sebagai pemimpin. Ridwan yang berpasangan dengan Oded M Danial itu Antara lain ingin membawa Bandung menjadi kota internasional. "Dia juga mengembalikan Bandung sebagai Paris van Java, Kota Kembang," ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement