Selasa 17 Sep 2013 01:06 WIB

Ini yang Membuat Udang Indonesia Laris

Budidaya udang galah bersama dengan padi (ugadi)
Foto: antara
Budidaya udang galah bersama dengan padi (ugadi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Posisi tawar komoditas udang yang berasal dari Indonesia dinilai tinggi di dunia karena banyaknya negara asal komoditas udang lainnya yang mengalami sejumlah permasalahan, kata Direktur Jenderal Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Slamet Soebjakto.

"Posisi tawar udang Indonesia dinilai cukup tinggi di dunia karena bebas EMS (penyakit udang), bebas residu dan bebas tuduhan subsidi AS," kata Slamet Soebjakto.

Hal tersebut, menurut dia, akan membuat industri perudangan nasional semakin bergairah yang otomatis akan berdampak positif bagi para pelaku usaha udang. Ia berpendapat, posisi tawar yang cukup tinggi itu juga karena melalui program revitalisasi tambak yang digulirkan KKP, jiwa kewirausahaan petambak terbangun.

Selain itu, program revitalisasi tambak dinilai juga akan membangun kedisiplinan dan dapat menjaga keberlangsungan usaha serta mematuhi anjuran teknis (SOP) yang diberikan. "Ke depan menjaga komitmen dalam menerapkan SOP sesuai cara-cara berbudidaya ikan yang baik adalah ciri pengusaha kecil yang harus dibangun di Indonesia," katanya.

Ia mengemukakan, hal itu karena Indonesia juga tengah bersiap menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015 yang merupakan era perdagangan bebas regional ASEAN. "Tugas KKP adalah mencetak pembudidaya tradisional untuk menjadi pengusaha mandiri yang mempu bersaing secara global dengan sentuhan teknologi dan pemberdayaan secara kelompok," ujarnya.

Sebagaimana diberitakan, KKP menyatakan udang Indonesia kini menjadi primadona dalam perdagangan global sehingga hal tersebut merupakan momentum positif untuk mengembalikan kejayaan udang Indonesia. "Saat ini, udang kembali menjadi primadona dengan harga yang cukup tinggi dan tingkat keberhasilan budi daya yang bagus," kata Slamet Soebjakto.

Menurut Slamet, model tambak percontohan yang dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya KKP di sejumlah titik, seperti di kawasan Pantura, dalam menggairahkan usaha budi daya udang di Tanah Air dinilai mulai menampakkan hasilnya. "Tambak yang dahulunya terbengkalai, saat ini sudah mampu berproduksi dan dikelola oleh masyarakat sekitar lokasi tambak," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement