Kamis 05 Sep 2013 15:20 WIB

Ahmad Heryawan Deklarasikan STBM

Rep: Maman Sudiaman/ Red: Didi Purwadi
Ahmad Heryawan
Foto: Antara/Agus Bebeng
Ahmad Heryawan

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, mendeklarasikan Program Kampanye 'Sanitasi Total Berbasis Masyarakat atau STBM'.

Acara yang dikemas dengan Pagelaran Seni Angklung 'Karatagan Sanitasi, Rempug Gawe Pikeun Jawa Barat' itu digelar di Saung Angklung Ujo, Padasuka, Kota Bandung, Kamis (5/9). Hadir sejumlah kepala daerah atau yang mewakili.

Pada acara itu, selain deklarasi, juga menyerahkan ikon kampanye STBM Jawa Barat, "Kang Hebring", kepada Gubernur Jawa Barat.

Ikon diserahkan oleh Deviariandy Setiawan, Pimpinan Program Air Bersih dan Sanitasi Bank Dunia atau World Bank Water and Sanitation Program (WSP), sebagai penggagas acara ini bersama Dinas Kesehatan Jawa Barat.

Deklarasi itu mengawali gerakan menciptakan lingkungan yang sehat, menyediakan sarana pendukung perubahan perilaku yang higienis serta meningkatkan akses sanitasi bagi masyarakat.

"Mari bersama menciptakan lingkungan hidup yang bersih dan sehat. Melalui perilaku hidup bersih dan sehat. Diantaranya jangan buang air sembarangan," tegas Heryawan.

Heryawan menegaskan kampanye STBM akan terus digelorakan untuk memacu masyarakat meningkatkan kualitas dan akses sanitasi.

Karena, penyediaan akses sanitasi tidak hanya melalui pembangunan fisik semata. Tetapi juga melalui peran aktif masyarakat dalam memahami dan menjalankan perilaku bersih sehat dalam kesehariannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement