Senin 02 Sep 2013 09:10 WIB

Benahi Kebun Binatang, Surabaya Siapkan Rp 60 Miliar

Rep: Andi Ikhbal/ Red: A.Syalaby Ichsan
Kebun Binatang Surabaya
Foto: Surabaya.go.id
Kebun Binatang Surabaya

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menargetkan waktu tiga tahun untuk membenahi Kebun Binatang Surabaya (KBS). Anggaran sebesar Rp 60 miliar sudah disiapkan untuk pengelolaan tempat tersebut selama lima tahun ke depan.

Dia mengatakan, pihaknya telah melakukan berbagai upaya awal seperti menaikan gaji karyawan sehingga, mereka bisa lebih giat dalam bekerja. Ditambah, kesejahteraan satwa juga menjadi prioritas. Saat ini tinggal membangun ikon baru untuk meningkatkan fasilitas dan pengunjung.

“KBS akan memiliki standar kebun binatang internasional seperti adanya sea world dan night zoo agar menarik perhatian pengunjung,” kata Risma belum lama ini.

Menurutnya, selama KBS diambil alih oleh Pemerintah Kota Surabaya, berbagai perbaikan dan pembangunan sudah dilakukan secara bertahap. Dengan memaksimalkan kinerja dari kepengurusan yang ada saat ini, dia berharap, tiga tahun ke depan kebun binatang itu berjaya lagi seperti dulu.

Direktur Operasional KBS Liang Kaspe menambahkan, selain pembangunan sea world dan night zoo, pihaknya juga akan membangun kandang satwa yang mirip dengan habitat aslinya. Dengan begitu, hewan pun tidak mengaalmi stress.

“Termaksud pengatur suhu untuk menjaga kelembapan udaranya,” ujar Liang.

Dia mengatakan, perbaikan berlangsung secara bertahap. Sebab, KBS tidak memiliki tempat penampungan hewan. Langkah awalnya adalah pembangunan kandang reptil di area bermain anak-anak. Setelah selesai, satwa-satwa dipindahkan ke tempat baru.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement