Ahad 01 Sep 2013 10:37 WIB

Maluku Utara Kembangkan Varietas Cengkeh Afo

Rep: Andi Nur Aminah/ Red: Hazliansyah
Pohon Cengkeh Afo, yang diklaim sebagai cengkeh tertua di dunia.
Foto: Republika/Andi Nur Aminah
Pohon Cengkeh Afo, yang diklaim sebagai cengkeh tertua di dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Guna menjaga kelangsungan hidupnya, pemerintah Provinsi Maluku Utara (Malut) mengembangkan varietas cengkeh Afo. Cengkeh ini diyakini sebagai cengkeh tertua di dunia yang usianya lebih dari empat abad.

Cengkeh Afo generasi pertama, menurut data Dinas Pertanian Propinsi Malut berusia 416 tahun dan sudah punah sekitar tahun 1990-an. Namun di sekitar kaki pegunungan Gamalama, Kelurahan Marikurubu, Kecamatan Ternate Tengah, masih tumbuh jenis cengke Afo generasi dua, tiga dan empat.

Kepala Dinas Pertanian Provinsi Maluku Utara, Gazali Westplat, mengatakan, cengkeh Afo generasi dua, tiga dan empat, merupakan sisa-sisa kekayaan alam yang tumbuh sejak ratusan tahun lalu.

"Usianya juga sudah 200 sampai 300-an tahun," kata Gazali saat dihubungi Republika, Sabtu (31/8) malam.

Sejak punahnya generasi cengkeh Afo 1, pemerintah setempat kemudian mengupayakan agar jenis cengkeh ini bisa tetap dipertahankan. Karena itu, dilakukanlah peremajaan cengkeh Afo dua, tiga dan empat dengan melestarikan anakan cengkehnya.

Secara resmi, peluncuran varieta cengkeh Afo sudah dilakukan Pemprov Malut pada 2010. Sebanyak 10 ribu bibit untuk masing-masing generasi disebar di seluruh wilayah kabupaten/kota di Maluku Utara.

Peremajaan cengkeh Afo, menurut Gazali, bertujuan untuk menjaga salah satu jenis cengkeh tertua di dunia ini agar tidak punah. Anakan cengkeh yang disemai, juga telah dikembangkan agar kualitas mutu cengkehnya semakin bagus. 

Kesesuaian lahan di hampir seluruh wilayah Malut, membuat cengkeh jenis Afo mudah tumbuh. Tanaman ini, menurut Gazali, butuh tempat yang tinggi dan udara yang sejuk.

Saat ditanya kemungkinan cengkeh jenis ini tumbuh di tempat lain, Gazali mengatakan, untuk tumbuh mungkin bisa saja. Namun apakah cengkeh Afo akan berbuah atau tidak, sangat tergantung dengan kesesuaian lahannya.

"Keberhasilan tanaman cengkeh adalah ketika tumbuh, dia berbuah dengan produktifitas yang tinggi," ujarnya.

Sebagai bayangan, cengkeh Afo generasi 1, memiliki ukuran tinggi 36,60 meter. Sedangkan garis tengahnya 1,98 meter. Cengkeh Afo 1 memiliki lingkaran batang yang cukup besar yakni 4,26 meter. Cengkeh ini tumbuh di lokasi ketinggian 650 meter di atas permukaan laut.

Semasa hidupnya hingga 1990-an, cengkeh Afo 1 tetap produktif dan bisa menghasilkan buah cengkeh 600 kilogram untuk satu musim panen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement