Jumat 30 Aug 2013 01:43 WIB

Kemenpera Tawarkan Rumah Murah di Semarang

Rumah Murah (ilustasi)
Foto: Republika/Wihdan
Rumah Murah (ilustasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Kementerian Perumahan Rakyat menawarkan perumahan murah untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dalam pameran "BLU-PPP Expo 2013" yang digelar di Semarang mulai 29 Agustus hingga 2 September.

"Ada 10 kota yang menjadi lokasi pameran ini, di antaranya Semarang," kata Pemimpin Badan Layanan Umum Pusat Pembiayaan Perumahan (BLU-PPP) Kemenpera DT Saraswati usai pembukaan pameran di Java Mal Semarang, Kamis (29/8).

Sembilan kota lain lokasi penyelenggaraan pameran serupa, yakni Bogor, Banjarmasin, Tangerang, Makassar, Palembang, Bandung, Medan (28 Agustus-1 September), Pontianak (1-5 September), dan Malang (3-7 September 2013).

Menurut dia, Kemenpera bekerja sama dengan sejumlah bank pelaksana penyalur dana fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) dan para pengembang lokal untuk membangun rumah bersubsidi dari pemerintah.

"Ini adalah salah satu program pemerintah di bidang perumahan yang prorakyat. Kemenpera bekerja sama dengan delapan bank umum nasional dan 17 bank pembangunan daerah (BPD) untuk penyaluran KPR-FLPP," katanya.

Melalui KPR-FLPP, kata dia, masyarakat bisa memiliki rumah sederhana dengan angsuran rendah dan bunga tetap 7,25 persen selama masa "tenor" (pelunasan pinjaman) 20 tahun sehingga cukup terjangkau bagi kalangan MBR.

"Dalam kegiatan ini, kami juga akan mengadakan seminar, talkshow, maupun klinik konsultasi bagi para pengunjung berkaitan dengan perumahan. Masyarakat bisa memanfaatkan klinik konsultasi ini," kata Saraswati.

Pameran itu diikuti puluhan pengembang yang menawarkan perumahan di sejumlah daerah, antara lain Semarang, Solo, Kendal, Yogyakarta, Purwokerto, dan Kabupaten Semarang dengan harga jual rata-rata sekitar Rp 88 juta per unit

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement