Sabtu 24 Aug 2013 22:13 WIB

Buruh Desak Ganjar Realisasikan UMK di Atas Rp 1 Juta

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Mansyur Faqih
 Ganjar Pranowo (kiri) dan Heru Sujatmoko
Foto: Antara
Ganjar Pranowo (kiri) dan Heru Sujatmoko

REPUBLIKA.CO.ID, UNGARAN -- Dilantiknya H Ganjar Pranowo sebagai Gubernur periode 2013-2018 diharapkan menjadi angin segar bagi para buruh yang ada di Jawa Tengah. Ganjar yang baru saja dilantik bersama Heru Sudjatmoko pernah menyepakati kontrak politik dengan elemen Serikat Pekerja Nasional (SPN) Jawa Tengah.

Dalam kontrak politik ini, Ganjar diminta meningkatkan kesejaahteraan para buruh di Jawa Tengah. Ketua DPD SPN Jawa Tengah, Suparno mengatakan, elemen SPN sangat berharap Ganjar dapat mewujudkan perbaikan tingkat kesejahteraan kaum buruh mulai 2014,

"Kami berharap, 2014 tidak ada lagi UMK di Provinsi Jawa Tengah yang berada di bawah Rp 1 juta. Bila perlu seluruh daerah di Jawa Tengah sudah bisa merasakan UMK di atas Rp 1 juta," tegasnya, Sabtu (24/8).

Dalam kontrak politik tersebut, lanjut Suparno, salah satu poinnya adalah menegakkan segala peraturan yang berbasis perburuhan. Melalui kebijakan dan instrumen pemerintahannya, SPN juga berharap Ganjar dapat meminimalisasi berbagai persoalan kaum buruh.

"Ganjar harus berani menindak atau pun memberikan sanksi terhadap perusahaan yang tidak patuh terhadap ketentuan dan aturan perburuhan," tambahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement