Jumat 23 Aug 2013 14:07 WIB

Dubes Jepang Ajak Jokowi Tonton Sumo

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi)
Foto: Antara
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta hari ini menerima kunjungan Duta Besar (Dubes) Jepang untuk Indonesia Yoshinori Katori di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat.

Dalam kunjungan tersebut, Dubes Yoshinori mengundang Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) secara langsung untuk menyaksikan pertandingan sumo yang akan digelar pada 24 hingga 25 Agustus di Senayan, Jakarta Pusat.

"Pertandingan sumo ini merupakan eksibisi dalam rangka memperingati hubungan diplomatik antara Jepang dan Indonesia yang sudah berlangsung selama 55 tahun," kata Dubes Jepang Yoshinori Katori usai bertemu Jokowi di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat (23/8).

Menurut Yoshinori, Indonesia menjadi negara pertama yang dipilih Jepang untuk menggelar pertandingan Sumo di luar negeri karena dinilai memiliki kedekatan, baik secara diplomatis maupun sejarah.

"Semoga pertandingan ini bisa mempererat hubungan antara Jepang dan Indonesia. Kami juga mengapresiasi Gubernur DKI yang di tengah kesibukannya masih bersedia untuk menemui kami," ujar Yoshinori.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Jokowi mengaku salut dengan masyarakat Jepang yang mampu menjaga dan melestarikan budaya yang sudah berusia ratusan tahun tersebut sampai dengan saat ini.

"Sumo bukan sekedar olahraga, tapi ada juga unsur upacara sakralnya. Sumo sudah berusia ratusan tahun, dan saya salut dengan masyarakat Jepang karena mampu membuatnya tetap lestari. Kemungkinan, saya akan datang hari Minggu (25/8) nanti," tutur Jokowi.

Karena mengandung unsur budaya, Jokowi mengungkapkan rencananya akan turut serta mengajak pelajar untuk menyaksikan pertandingan sumo tersebut.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement