Selasa 20 Aug 2013 13:33 WIB

Sampah Liar Ganggu Kebersihan Karawang

Rep: Ita Nina Winarsih/ Red: Heri Ruslan
Tumpukan sampah (ilustrasi)
Foto: thehindu.com
Tumpukan sampah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- Produktivitas sampah akhir-akhir ini di Kabupaten Karawang, Jabar, mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Hal itu, terlihat banyaknya tempat pembuangan sampah (TPS) liar. Daerah dengan sebutan lumbung padi ini, dihiasi TPS liar di sejumlah titik di sudut kotanya.

Kabid Kebersihan dan Pertamanan Dinas Cipta Karya Karawang,  Endang Sudrajat, mengatakan, TPS liar itu sudah sangat marak. Salah satunya, terlihat di Jl Suroto Kunto. Tumpukan sampah di TPS liar itu sudah menggunung. Sehingga, sangat menganggu kenyamanan dan pemandangan.

"Perlu ada solusi," ujarnya, Selasa (20/8).

Salah satu solusinya, Bidang Kebersihan memberlakukan kebijakan yaitu penambahan jadwal pengangkutan sampah. Biasanya pengangkutan itu sampai sore. Kini ditambah sampai malam hari. Khusus untuk malam hari, petugas hanya mengangkut sampah di TPS liar ini.

Menurutnya, TPS liar ini jumlahnya lebih dari 10 titik. Padahal, pihaknya telah menyediakan TPS yang legal. Namun, tetap saja warga membuang sampah sembarangan. Akibatnya, sampah tersebut semakin menggunung.

"Kesadaran warga akan kebersihan masih minim," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement