Kamis 08 Aug 2013 09:11 WIB

Shalat Idul Fitri Bersama 'Spongebob' Cs

Rep: Rahmi Suci Ramadhani/ Red: Citra Listya Rini

REPUBLIKA.CO.ID, RANGKASBITUNG -- Warga Rangkasbitung, Lebak, Banten menunaikan shalat Idul Fitri berjamaah di Alun-alun Kota Rangkasbitung bersama sejumlah tokoh kartun terkenal. Diantaranya Spongebob Squarepants, Doraemon, Batman, Nemo, dan Hello Kitty.

Tokoh-tokoh kartun tersebut adalah wujud dari balon gas plastik yang dipegang tangan-tangan kecil jamaah cilik shalat Ied. ''Ini bocahnya nangis, merengek minta dibelikan balon. Saya beli biar dia anteng (tenang),'' kata Gita (40 tahun).

Ibu asal Kampung Leuwijamang, Rangkasbitung ini membeli balon plastik berbentuk tokoh kartun Strawberry Shortcake untuk anaknya yang berusia tiga tahun.

Jamaah salat Ied di Alun-alun Kota Rangkasbitung berasal dari berbagai kalangan masyarakat. Mulai dari pejabat pemerintahan hingga warga sipil. Jamaah yang sudah lanjut usia, bapak-bapak dan ibu-ibu, hingga anak muda. Khusus jamaah ibu-ibu, biasanya membawa serta si kecil kecil salat di pusat kota Rangkasbitung tersebut.

Salat berjamaah bersama tokoh kartun bukan kali pertama di tempat ini. Setiap tahunnya, para penjual balon plastik memanfaatkan momentum salat Ied berjamaah untuk berdagang. Andre (22 tahun), salah seorang penjual balon mengaku, sudah lima tahun berjualan setiap kali salat Id.

''Satu kali salat Ied bisa dapat Rp 1,5 juta. Alhamdulillah tahun ini juga ramai,'' kata pria asal Cirebon, Jawa Barat itu. Andre sengaja tidak pulang kampung untuk berjualan di hari raya. Sehari-hari, dia berdagang pakaian di kawasan Terminal Mandala, Rangkasbitung. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement