Rabu 07 Aug 2013 23:04 WIB

Begini Cara Penyelam Merayakan Idul Fitri

REPUBLIKA.CO.ID,GORONTALO--Delapan penyelam dari Eco Dive Gorontalo membentangkan spanduk bertuliskan ucapan "Selamat Idul Fitri" di salah satu spot penyelaman, Desa Molotabu, Kabupaten Bone Bolango, Rabu.

Spanduk tersebut dibawa oleh tujuh penyelam laki-laki dan satu perempuan pada malam hari ke dalaman laut sekitar 11 meter, kemudian diabadikan dengan kamera video dan foto.

"Selain ingin merayakan lebaran dengan cara yang berbeda, kami juga ingin mempromosikan Gorontalo sebagai daerah yang memiliki keindahan bawah laut," kata salah seorang penyelam, Delyuzar Ilahude.

Menurutnya daerah tersebut memiliki spot penyelaman yang banyak, termasuk salah satunya di Molotabu dengan beragam spesies biota laut yang jarang ditemukan di tempat lain.

"Menyelam pada malam hari di Molotabu tidak mengurangi kenikmatan menyelam, tapi kita justru bisa menemukan jenis biota yang spesifik seperti cumi-cumi," ungkapnya.

Selain itu, terumbu karang di spot Molotabu masih terjaga dengan baik sehingga diharapkan dengan aksi tersebut masyarakat setempat akan tetap melestarikannya.Saat membentangkan spanduk, penyelam mengaku tak menemui kendala berarti selain arus gelombang yang cukup tinggi.

"Saat ini musim Timur sehingga gelombang cukup besar. Tapi itu bisa diatasi dengan baik," kata penyelam lainnya Verrianto Madjowa.Aksi tersebut dilakukan sekitar satu jam, yang diawali dengan pembekalan dan pembagian tugas kepada masing-masing penyelam.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement