Rabu 31 Jul 2013 16:46 WIB

Marzuki Alie: Perilaku Anggota DPR Tergantung Partai

Rep: Muhammad Akbar Wijaya/ Red: Mansyur Faqih
Ketua DPR RI Marzuki Alie
Foto: ANTARA/Rosa Panggabean
Ketua DPR RI Marzuki Alie

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPR Marzuki Alie mengatakan partai politik bertanggung jawab terhadap kinerja kader mereka di parlemen. Karena rekrutmen anggota DPR dilakukan partai politik. "Beragamnya perilaku anggota DPR tergantung partai menyikapinya," kata Marzuki, Rabu (31/7).

Marzuki menyatakan, partai mestinya selektif dalam merekrut kader menjadi anggota DPR. Partai jangan sembarangan mencalonkan orang-orang yang tidak kredibel. "Tidak asal comot. Jangan hanya kapital besar," ujarnya.

Partai politik mesti menjalankan kaderisasi politik secara profesional. Proses penjenjangan karier di partai politik mesti berjalan sesuai mekanisme. Dengan begitu orang-orang yang akan maju sebagai wakil rakyat benar-benar orang kredibel.

"Saya sudah berkali-kali menyampaikan, bagaimana partai mengambil tanggungjawab persoalan anggotanya yang ada di DPR," katanya.

Selama ini penyelesaian masalah di kalangan anggota DPR tak kunjung usai lantaran tidak ada usaha menuntaskan akar masalah. Marzuki menyatakan, kebanyakan orang hanya melihat sisi negatif anggota DPR pada tataran akibat bukannya sebab.

"Padahal harus dicari sebabnya, bukan akibat, orang disalahin, lihat akar persoalan," kata politisi Demokrat ini. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement