Selasa 30 Jul 2013 19:11 WIB

Alex Noerdin Larang Mobil Dinas Dipakai untuk Mudik

Rep: Maspril Aries/ Red: Citra Listya Rini
Alex Noerdin
Foto: ROL/Fafa
Alex Noerdin

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Gubernur Sumatra Selatan (Sumsel) Alex Noerdin melarang seluruh pegawai negeri sipil (PNS) di ruang lingkungan pemerintah provinsi untuk memakai mobil dinas saat mudik Lebaran nanti.

"Mobil dinas fungsinya untuk keperluan pejabat dalam melaksanakan tugasnya dan perjalanan dinas. Jadi, kalau dipakai untuk mudik Lebaran bersama keluarga maka itu tidak boleh atau dilarang," kata Alex, Selasa (30/7).

Walaupun mengeluarkan larangan, tapi Alex mengizinkan jika mobil dinas tersebut digunakan untuk keperluan pribadi di dalam kota. Hanya saja kalau dibawa keluar kota dilarang.

Jika, kemudian masih ada pejabat yang melanggar larangan tersebut menggunakan mobil dinas ke luar kota. Alex menegaskan bagi yang melanggar jelas akan diberikan sanksi. 

Alex mengatakan kebijakan tersebut berbeda dengan kebijakan dua daerah daerah di Sumsel. Seperti di lingkungan Pemerintah Kota Palembang, pejabat di sana tidak dilarang menggunakan mobil dinas untuk mudik lebaran asal kendaraan dijaga dengan baik. 

"Kami tidak melarang pejabat menggunakan kendaraan dinas untuk mudik," ujar Sekretaris Daerah Kota Palembang Ucok Hidayat.

Walau diizinkan, Sekda Ucok Hidayat mengingatkan kepada pejabat yang mudik menggunakan mobil dinas harus melapor. Mereka harus memberitahukan kemana kendaraan dinas itu akan dibawa dan pengguna harus bertanggung jawab.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement