Kamis 25 Jul 2013 00:27 WIB

Sepuluh Petugas Lapas Jaga 1600 Napi Pekanbaru

Salah satu kegiatan di Lapas (ilustrasi).
Foto: Republika/Aditya
Salah satu kegiatan di Lapas (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Sebanyak sepuluh petugas dikabarkan menjaga sebanyak 1.600 narapidana dan tahanan yang berada di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Pekanbaru Provinsi Riau.

"Di Lapas Kelas II A Pekanbaru hanya ada sebanyak 40 pertugas jaga yang terbagi dalam empat waktu dinas. Jadi seharinya itu hanya ada sepuluh petugas yang menjaga dan mengamankan lapas dengan penghuni lebih dari 1.600 warga binaan," kata Kepala Lapas Kelas II A Pekanbaru, Dadi, kepada Antara di Pekanbaru, Rabu.

Idealnya, kata Dadi, setiap hari itu lapas ini dijaga atau diawasi oleh sebanyak 20 orang petugas.

Jadi kalau dikalkulasikan, kata dia, dibutuhkan sekitar 64 hingga 80 orang petugas lapas untuk mengawasi warga binaan di Lapas Kelas II A Pekanbaru.

Dadi mengatakan, saat ini sekitar 1.600 warga binaan di Lapas Kelas II A Pekanbaru, sekitar 1.200 adalah kalangan narapidana dan sekitar 446 merupakan tahanan titipan kejaksaan dan kepolisian.

Memang, kata dia, saat ini telah ada Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Pekanbaru yang baru saja dioperasikan dengan jumlah warga binaan masih sekitar seratus orang.

"Kapasitas maksimalnya bisa sekitar 600 hingga 800 orang, namun pemenuhannya harus dilakukan secara bertahap. Karena para petugasnya juga masih baru sehingga membutuhkan pengalaman," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement