Sabtu 20 Jul 2013 21:24 WIB

Ingin Kelilling Dunia, Konvoi WN Jerman Diamankan Polres Garut

Jalan lingkar Nagrek arah Garut-Tasik menuju Bandung.
Foto: Republika/Rahmat Santosa Basarah
Jalan lingkar Nagrek arah Garut-Tasik menuju Bandung.

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Kepolisian Resor Garut, Jawa Barat, mengamankan puluhan warga negara Jerman yang melakukan konvoi dengan 10 mobil kabin ganda berplat nomor asing, Sabtu (20/7). Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Garut, AKP Sulman Azis mengatakan, warga negara Jerman tersebut berjumlah 20 orang dengan menumpang 10 unit kendaraan besar.

Ia mengatakan, kendaraan yang dikemudikan warga negara Jerman itu diamankan saat melewati Jalan Limbangan, Kadungora, dan Kota Garut. Selanjutnya dibawa ke markas Polres Garut, sekitar pukul 14.00 WIB. Warga negara asing itu diamankan berdasarkan perintah dari Dirlantas Polda Jabar karena diduga belum memiliki izin operasional di Indonesia. "Hanya melaksanakan perintah Polda, ada kendaraan asing dengan nomor asing untuk diamankan dulu," katanya.

Salah seorang warga Jerman, Brigitte (48 tahun) mengaku heran dihentikan polisi kemudian dibawa ke markas Polres Garut. Padahal saat melintasi beberapa daerah lainnya di Indonesia tidak mengalami hambatan seperti yang dilakukan polisi di wilayah Garut. "Kami memiliki surat perizinan lengkap termasuk visa dan paspor," kata Syarif warga Garut yang menerjemahkan pernyataan Brigitte.

Peserta konvoi kendaraan itu mengaku hanya berlibur menjelajahi dunia melalui jalur darat dan laut untuk mengenal berbagai budaya di berbagai negara. Awal pemberangkatan Agustus 2011 dari Jerman kemudian melewati sejumlah negara. Antara lain, Turki, Mesir, Georgia, Iran, Pakistan, India, Thailand, Malaysia, kemudian Indonesia. Mereka berencana untuk melalui Bali dan melanjutkan ke Timor Timur, Australia, Amerika dan pulang ke Jerman. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement