Kamis 18 Jul 2013 22:19 WIB

Cikeas Lebih Pilih Gita Ketimbang Pramono Edhie

Rep: Muhammad Akbar Wijaya/ Red: Mansyur Faqih
Gita Wirjawan
Foto: Antara/Fanny Octavianus
Gita Wirjawan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kehadiran Pramono Edhie sebagai peserta konvensi capres Demokrat tidak dimaksudkan untuk melanggengkan trah Cikeas di kekuasaan. Sebaliknya Pramono sengaja dimajukan sebagai peserta konvensi untuk menutup skenario lain yang sedang disiapkan Cikeas.

"Saya ragu Pramo Edhie yang akan diteruskan kekuasaan Cikeas," kata pengamat politik Hanta Yunda ketika dihubungi Republika, Kamis (18/7).

Menurutnya, Pramono memainkan dua hal penting dalam konvensi capres Demokrat. Pertama sebagai alat pengelabuh jagoan Cikeas yang sebenarnya. Kedua sebagai batu loncatan pencitraan Demokrat. Hanta menduga Cikeas lebih mendukung Gita Wirjawan sebagai capres ketimbang Pramono.

Ia menilai, Cikeas sadar betul elektabilitas Pramono sulit dinaikan. Dalam situasi ini publik akhirnya akan mempunyai kesimpulan kalau konvensi capres Demokrat benar-benar independen. "Sebab publik menganggap keluarga SBY saja bisa kalah," ujarnya.

Hanta memperkirakan pengusungan Pramono sebagai peserta konvensi merupakan strategi SBY untuk menyiapkan Pramono sebagai Ketua Umum Demokrat. "Tapi ini masih perlu dibuktikan," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement