Selasa 16 Jul 2013 14:39 WIB

Harga Cabai Berangsur Turun

Rep: Fuji Pratiwi/ Red: Dewi Mardiani
Harga Cabai Melonjak
Foto: Antara
Harga Cabai Melonjak

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Setelah sempat mencapai Rp 120 ribu per kilogram, Selasa (16/7), harga cabai rawit merah mulai turun dalam dua hari ini. Harganya kini menjadi Rp 80 ribu.

Cabai rawit biasa turun dari Rp 40 ribu menjadi Rp 30 ribu per kilogramnya. Cabai merah besar sebelumnya Rp 35 ribu kini menjadi Rp 22 ribu per kilogramnya. Cabai merah kriting turun dari Rp 45 ribu Rp 30 ribu.

Sementara harga cabai hijau besar stabil pada harga Rp 27 ribu. Harga daun bawang dan seledri yang semula Rp 40 ribu kini mejadi Rp 20 ribu. Harga bawang merah juga turun dari Rp 60 ribu menjadi Rp 39 ribu per kilogram.

Salah seorang pedagang cabai di Pasar Anyar, Bogor, Ida, mengatakan harga cabai belakangan berfluktuasi dengan cepat. Ida tak tahu apa yang menyebabkan itu terjadi. ''Biarpun harganya naik turun, alhamdulillah masih ada pembeli,'' ungkap Ida.

Ida sebenarnya juga miris melihat harga bahan kebutuhan pokok meroket. ''Pedagang kecil di kampung-kampung tidak berani berdagang saat harga cabai sangat mahal. Tapi kalau tidak berdagang juga tidak ada penghasilan,'' kata Ida.

Dari pantauan, harga beberapa sayuran juga masih tinggi. Kentang masih Rp 12 ribu per kilogram. Tomat masih Rp 10 ribu per kilogram.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement