Jumat 05 Jul 2013 19:31 WIB

Pemkot Bekasi Diminta Subsidi Harga Daging untuk Warga Miskin

Daging sapi (ilustrasi)
Foto: Wihdan Hidayat/Republika
Daging sapi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI--Anggota Komisi A DPRD Kota Bekasi Ronny Hermawan mengusulkan agar pemerintah daerah memberikan subsidi kepada warta miskin yang ingin membeli daging menjelang Hari Raya Idul Fitri 1434 Hijriyah/2013.

"Daging merupakan kebutuhan pokok dan menjadi tradisi untuk disajikan pada saat Idul Fitri. Namun harganya melambung tinggi setiap menjelang Lebaran," katanya di Bekasi, Jumat.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, menurut dia, telah menerapkan kebijakan serupa dengan menyubisidi harga daging Rp20 ribu per kilogram. "Kebijakan itu patut ditiru oleh Pemerintah Kota Bekasi karena langkah itu tepat sasaran," katanya.

Ia mengatakan, kebijakan ini berlaku untuk warga tidak mampu berdasarkan keterangan RT dan harus menggunakan KTP Kota Bekasi. "Saya mendorong agar kebijakan ini dilaksanakan di Kota Bekasi, sebab kebijakan itu baik untuk mengantisipasi lonjakan harga daging menjelang Idul Fitri," katanya.

Terkait mekanismenya, kata dia, Dinas Perindustrian dan Perekonomian Rakyat Kota Bekasi dapat berkonsultasi dengan Pemprov DKI Jakarta. "Saya yakin harga daging se-Jabodetabek relatif sama. Karakteristik daerahnya juga sama. Imbas dari DKI pasti berpengaruh ke daerah sekitarnya," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement