Jumat 21 Jun 2013 23:09 WIB

Hanura Alihkan Dukungan di Pilkada Tangerang

Rep: Nurhamidah/ Red: Karta Raharja Ucu
Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada)
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada)

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang baru menerima perbaikan berkas verifikasi tiga bakal calon (balon) wali kota dan wakil wali kota Tangerang.

Waktu penyerahan kelengkapan berkas hingga Sabtu (22/6) esok. Dalam penyerahan berkas, diketahui Partai Hanura beralih mendukung Harry Mulya Zein-Iskandar Zulkarnain dan menarik dukungan untuk pasangan Ahmad Marju Kodri-Gatot Suprijanto.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang, Syafril Elain menuturkan, pasangan balon pertama yang menyerahkan kelengkapan berkas perbaikan hasil verifikasi adalah Dedy S Gumelar alias Miing dan Suratno Abubakar pada Kamis (20/6).

Pada kesempatan itu, tim sukses dari pasangan Miing-Suratno menyerahkan fotokopi ijazah dari SD hingga SMP. Sementara untuk dukungan partai tidak berubah yaitu diusung PDI Perjuangan dan PAN yang sudah memenuhi kuota kursi yang ditetapkan.

 

Selanjutnya pada waktu yang sama, pasangan Ahmad Marju Kodri dan Gatot Suprijanto juga menyerahkan kelengkapan berkas bersama 23 partai pendukungnya. Di antaranya 22 partai nonparlemen dan partai Hanura.

“Pasangan ini didukung 23 partai termasuk Hanura, hanya saja tidak ada pengurus satu pun dari Hanura yang mendampingi,” kata Syafril pada ROL di Kantor KPU Kota Tangerang, Jumat (21/6).

Menurutnya, dari dukungan partai tersebut maka pasangan Ahmad-Gatot mengumpulkan suara lebih dari 115.000. Sehingga, memenuhi persyaratan KPU yaitu minimal 104.910 suara.

Selanjutnya pasangan ketiga yang menyerahkan berkas perbaikan adalah Harry Mulya Zein dan Iskandar Zulkarnain pada Jumat (21/6). Pasangan ini datang bersama dukungan dari tiga partai yaitu PPP, PKNU, dan Partai Hanura.

“Pasangan HMZ- Iskandar datang pagi ini untuk menyerahkan kelengkapan berkas bersama dukungan tiga partai, sejauh ini delapan kursi terpenuhi,” tuturnya.

Sehingga KPU tinggal melakukan verifikasi mulai 23-29 Juni 2013. Sehingga KPU menghimbau kepada pasangan yang belum meyerahkan kelengkapan berkas perbaikan diharapkan sebelum tanggal 23 sehingga Sabtu (22/6) hari terakhir.

Ketua DPC PPP Kota Tangerang, sekaligus Balon Wakil Wali Kota Tangerang, Iskandar Zulkarnain memaparkan sudah menyerahkan kelengkapan sejumlah berkas. “Alhamdulillah sudah diserahkan bersama pak HMZ dengan lancar. Kami datang bersama ketua dan sekretaris dari PPP, Hanura dan PKNU,” tuturnya.

Pencalonannya bersama balon walkot Harry Mulya Zein saat ini mendapat tambahan dukungan dari Partai Hanura. Menurutnya, Partai Hanura memutuskan untuk bergabung sejak dua hari yang lalu.

Dukungan kepadanya langsung dari Ketua Umum Partai Hanura yaitu Wiranto. Adapun berkas kelengkapan yang diserahkan adalah berupa seluruh persyaratan yang sebelumnya dinyatakan kurang lengkap.

Di antaranya nama tim sukses maupun surat-surat keterangan yang menjadi kategori persyaratan dari KPU. Saat ini, dia bersama Harry Mulya Zein tinggal menunggu verifikasi dan tahapan selanjutnya dari KPU hingga tanggal 29 Juni 2013.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement