Kamis 20 Jun 2013 00:45 WIB

Peran Perempuan dalam UMKM Diperjuangkan di APEC

Kepala Bappenas Armida Alisjahbana
Kepala Bappenas Armida Alisjahbana

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Armida Alisjahbana mengatakan pemerintah terus memperjuangkan isu peran perempuan dalam pengembangan UMKM untuk dibahas pada Konferensi Tingkat Tinggi Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik di Bali, Oktober 2013.

"Kami menyiapkan beberapa 'deliverable' (penyampaian) untuk tujuan Indonesia di APEC. Salah satunya peran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) , terutama peran perempuan dalam peran UMKM," kata Armida usai rapat panitia nasional tingkat menteri keketuaan APEC di Jakarta, Rabu (19/6).

Selain peran perempuan dalam UMKM, menurut Armida, pada rapat panitia nasional yang kedua yang berlangsung di Kantor Kementerian Luar Negeri itu, disepakati juga persiapan untuk pengajuan agenda-agenda dengan substansi utama kepentingan nasional seperti ketahanan pangan, ketahanan energi, termasuk penggunaan energi terbarukan (renewable energy).

Hal ini sesuai dengan salah satu tema Indonesia di APEC yakni mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan dan merata ("achieving sustainable growth with equity").

Dua tema Indonesia lainnya adalah mewujudkan "Bogor Goals" yang membahas perluasan perdagangan, investasi, serta reformasi struktural, dan tema lainnya yakni mempromosikan konektivitas.

Sejalan dengan jangka waktu persiapan Indonesia yang sudah tidak lama lagi, kata Armida, perencanaan Indonesia selaku ketua dan tuan rumah berjalan sesuai rencana baik secara substansi maupun teknis.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement