Sabtu 08 Jun 2013 21:44 WIB

Rieke: Taufiq Kiemas Buka Pintu Bagi Anak Muda

Rep: M Akbar Widjaya/ Red: Yudha Manggala P Putra
Anggota Komisi IX DPR, Rieke Dyah Pitaloka
Anggota Komisi IX DPR, Rieke Dyah Pitaloka

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Politisi muda PDI Perjuangan, Rieke Dyah Pitaloka punya kesan mendalam terhadap sosok almarhum Taufiq Kiemas. Di mata Rieke, Taufiq merupakan figur yang gemar memberi kesempatan kepada anak muda unjuk kemampuan.

"Bapak membuka pintu bagi kami anak-anak muda bergabung dengan PDI Perjuangan," kata Rieke ketika dihubungi Republika, Sabtu (8/6).

Rieke menyatakan Taufiq figur yang senang berdialog. Dia membuka lebar kebebasan berbeda pendapat selama berada dalam koridor etika politik. "Bapak keras tapi selalu membuka ruang berargumentasi," ujarnya.

Perhatian Taufiq kepada generasi muda PDI Perjuangan dirasakan sendiri oleh Rieke. Menurutnya saban habis berdebat di televisi atau mengikuti aksi masssa, Taufiq selalu menyempatkan diri menelponnya. "Setiap saya habis debat di TV atau ikut aksi massa, Bapak pasti telepon saya," katanya.

Dalam telponnya, Taufiq menurut Rieke selalu menunjukan perhatian. Dia menanyakan kabar Rieke dengan tidak lupa memberikan masukan dan pujian terhadap langkah politik baik yang dilakukan Rieke. "Seperti ketika saya memulai gerakan buruh harus menjadi gerakan politik, Bapak support sekali," katanya.

Di samping itu, almarhum Taufiq juga dikenal sebagai figur yang memiliki karakter nasionalis. Menurut Rieke Taufiq pernah menyampaikan pesan khusus kepada dirinya. "Jangan berhenti memperjuangkan pluralisme. Tidak akan ada penghargaan terhadap HAM, jika keberagaman dismusnahkan," ujar Rieke menirukan Taufiq.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement