Rabu 12 Apr 2023 03:06 WIB

Mahfud MD Mengaku Dikader Taufiq Kiemas

Mahfud menjadi salah satu sosok masuk politik karena diajak Taufiq Kiemas.

Menko Polhukam Mahfud MD mengaku sebagai sosok yang dikader Taufiq Kiemas. Hal ini disampaikan Mahfud saat menghadiri Nuzulul Quran yang diselenggarakan DPP PDIP.
Foto: istimewa/doc humas
Menko Polhukam Mahfud MD mengaku sebagai sosok yang dikader Taufiq Kiemas. Hal ini disampaikan Mahfud saat menghadiri Nuzulul Quran yang diselenggarakan DPP PDIP.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD mengapresiasi sosok almarhum Taufiq Kiemas. Mantan ketua MPR itu dinilai banyak berjasa karena semasa hidupnya banyak membimbing anak-anak muda untuk masuk di dunia politik dan pemerintahan.

"Pak Taufik seorang tokoh yang mendidik banyak kader, bukan hanya kader PDIP yang identik dari kelompok nasionalis, tapi Pak Taufiq mengkader juga generasi muda islam yang aktif dalam gerakan Islam," kata Mahfud, dalam siaran pers, Selasa (11/4/2023).

Hal ini disampaikan Mahfud MD saat memberi ceramah dalam peringatan Nuzulul Quran yang digelar PDI Perjuangan, Selasa (11/4/2023) malam. Kegiatan ini digelar di Masjid At-Taufiq, Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Masjid ini didirikan dan didedikasikan untuk almarhum Taufiq Kiemas.

Mahfud mengaku tahu benar soal rekam jejak Taufiq Kiemas semasa hidup itu. Menurutnya, ia sempat menjadi salah satu sosok yang dikader oleh suami dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri itu.

"Saya salah seorang yang dulu diajak Pak Taufiq dan dibawa masuk ke dunia pemerintahan dan politik dan selalu diajak diskusi untuk bangsa ini," kata Mahfud.

Mahfud pun mengajak seluruh hadirin dalam acara Nuzulul Quran itu untuk membaca surat Al-Fatihah guna mendoakan almarhum Taufiq Kiemas.

Sementara itu, Ketua DPP PDI-P Ahmad Basarah membeberkan kedekatan antara PDI-P dengan Mahfud MD. Basarah awalnya mengungkapkan bahwa disertasinya pernah diuji oleh Mahfud MD pada 2016 lalu.

Saat itu, menurut Basarah, Mahfud mengajaknya untuk berbagi tugas dalam menyinkronkan antara ajaran Islam dan kebangsaan. "Prof Mahfud MD mengajak saya berbagi tugas. Beliau mengembangkan Islam di kalangan kebangsaan, dan saya mensosialisasikan kebangsaan di kalangan Islam," kata Basarah.

Basarah menyebut, tugas itu masih demban oleh ia dan Mahfud hingga sekarang dan secara tidak langsung membuat hubungan antara Mahfud MD dan PDI-P menjadi semakin dekat.

"Alhamudlilah Prof Mahfud hubungannya sangat baik dengan PDI-P, khususnya dengan Ibu Hajjah Megawati Soekarnoputri," katanya.

Turut hadir secara daring dalam peringatan Nuzulul Quran itu Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan juga Ketua DPP PDIP Puan Maharani. Selain itu, hadir juga di lokasi Ketua Umum PP Bamusi Hamka Haq serta Sekretaris Umum PP Bamusi Nasyirul Falah Amru (Gus Falah).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement