Sabtu 08 Jun 2013 19:47 WIB

Taufiq Kiemas Pengayom Semua Golongan

Ketua MPR Taufiq Kiemas
Foto: Republika/Prayogi
Ketua MPR Taufiq Kiemas

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Wakil Ketua MPR Hajriyanto Thohari menilai almarhum Ketua MPR Taufiq Kiemas merupakan tokoh besar Indonesia yang bisa mengayomi semua golongan.

"Beliau adalah tokoh besar Indonesia saat ini, pemimpin politik senior yang sangat mengayomi semua golongan," kata Wakil Ketua MPR Hajriyanto Y Thohari ketika dihubungi di Jakarta, Sabtu.

Ketua MPR Taufiq Kiemas meninggal dunia di RS General Singapura pada Sabtu pukul 19.05 waktu setempat atau 18.05 WIB setelah dirawat beberapa lama di sana.

Lebih lanjut Hajriyanto menjelaskan selama ini semua kelompok, aliran, maupun golongan ideologis apa pun, sangat menghormati Taufiq dan memandang beliau sebagai seniornya.

"Pak Taufiq Kiemas selalu menjadi rujukan para politisi Indonesia dari partai politik mana pun. Apakah parpol berdasar agama ataukah parpol nasionalis-kebangsaan: semuanya menjadi Pak TK sebagai seniornya, kakak, ayahnya, bahkan rujukannya," kata Hajriyanto.

Hajriyanto mengaku sangat bersedih sekali dan menangisi kepergian alamrhum Pak Taufiq Kiemas dengan hati penuh duka. Hajriyanto menegaskan bangsa Indonesia sangat kehilangan Taufiq.

"Bangsa dan negara ini sungguh sangat kehilangan putra terbaiknya," katanya.

Menurut Hajriyanto, alm.Taufiq Kiemas bukan hanya milik PDIP saja, melainkan juga milik bangsa dan negara Indonesia. Kepeduliannya kepada Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika, tambah Hajriyanto sangat luar biasa mengesankan.

"Untuk keempat pilar negara itu Pak Taufiq Kiemas siap melakukan apa saja, berkorban apa saja," kata Hajriyanto.

Menurut Hajriyanto meskipun dengan kemampuan fisik yang sudah semakin menurun, dan kesehatan yang tidak lagi prima, semangatnya selalu menyala-nyala serta menggelegak manakala sudah berbicara tentang Pancasila.

"Bagi beliau, Pancasila dan NKRI adalah segala-galanya. Dan untuk dasar negara dan falsafah bangsa ini, Pak Taufiq Kiemas tidak mentoleransi pandangan-pandangan yang mengukurnya secara finansial," kata Hajriyanto.

Atas jasa-jasanya menjaga pilar persatuan dan kesatuan bangsa, Republika memberikan penghargaan Tokoh Perubahan kepada Taufiq Kiemas.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement