Kamis 06 Jun 2013 08:46 WIB

Logam Jadi Produk Unggulan Industri Sukabumi

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Hazliansyah
Logam (ilustrasi)
Foto: ist
Logam (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Logam menjadi salah satu produk unggulan industri dari Kabupaten Sukabumi. Produk logam Sukabumi dinilai cukup berkualitas dan sudah terkenal hingga ke luar daerah.

Data dari Dinas Koperasi, Perindustrian, Perdagangan, dan Pasar (Diskoperindagsar) Kabupaten Sukabumi, keberadaan industri logam dan mesin (ILM) di Sukabumi tersebar di 21 kecamatan. Di antaranya Kecamatan Cisaat, Nagrak, Sukaraja, Nyalindung, Jampang Kulon, Cibitung, dan Kebon Pedes.

"Awalnya ada lima produk indsutri yang dikaji menjadi unggulan daerah," ujar Kepala Bidang Perindustrian, Diskoperindagsar Kabupaten Sukabumi, Jajat Sudrajat.

Ke lima produk itu adalah logam, batu aji, tanduk, alat peraga pendidikan, dan makanan. Namun, kata Jajat akhirnya terpilih logam sebagai produk industri unggulan daerah. Hal ini didasarkan sejumlah pertimbangan antara lain sudah terdapat beberapa sentra pembuatan logam yang tersebar di 21 kecamatan.

Menurut Jajat, total pelaku usaha yang bergerak di logam mencapai sebanyak 786 unit usaha. Sebagian besar di antaranya berada di kawasan Cibatu, Kecamatan Cisaat sebanyak 167 unit usaha.

Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Sukabumi, M Ajiz mengatakan, peluang pasar industri logam di Sukabumi cukup besar. Saat ini produk logam Sukabumi mayoritas untuk pembuatan alat pertanian, kesehatan, dan suku cadang otomotif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement