Rabu 05 Jun 2013 18:19 WIB

Pencuri Ini Bisa Bobol ATM 10 Detik

Rep: Wahyu Syahputra/ Red: Fernan Rahadi
Bobol ATM/ilustrasi
Bobol ATM/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, SEMANGGI -- Mardadi (32) memiliki keahlian khusus dalam dunia pencurian. Tersangka yang sekarang meringkuk di Mapolsek Pamulang, Tangerang Selatan tersebut bisa membobol mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dalam waktu 10 detik.

Kepala Polisi Sektor Pamulang, Kompol M Nasir mengungkapkan kejadian tersebut terekam di CCTV gerai ATM Bank BRI Universitas Terbuka, Pondok Cabe. ''Hanya dua kali hentakan tak kurang dari 10 detik, pelaku sudah bisa ambil ATM,'' katanya, Rabu (5/6).

Dalam dua kali hentakan, penutup atas mesin ATM sudah terbuka lantas korban mengambil ATM tersebut. Nasir mengatakan, tersangka mengambil ATM BRI untuk belanja karena saat pembayaran tidak perlu gunakan PIN.

Aksi Mardadi tertangkap basah petugas keamanan kampus yang tahu lewat layar monitor. Ketika tersangka keluar, petugas langsung mengamankan, dan menyerahkan ke Mapolsek Pamulang.

Menurut Nasir, pelaku mengincar mesin ATM BRI karena terbilang mudah dijebol. Dari pengakuan tersangka, dia sudah beraksi di sejumlah lokasi.

Di antaranya, ATM BRI Cinere Mall, SPBU Pondok Labu, SPBU Depok, Superindo Cinere, tiga lokasi wilayah Pamulang, Kebagusan. ''Pelaku dikenakan pasal 363 KUHP jo 55 tentang Tindak Pencurian dengan Kekerasan yang ancaman 7 tahun penjara,'' katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement