Sabtu 01 Jun 2013 12:49 WIB

Tiga SMP Jatim Masuk 5 Besar UN Nasional

Rep: Andi Ikhbal/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Ujian Nasional (UN) tingkat SMP.   (ilustrasi)
Foto: Republika/Prayogi
Ujian Nasional (UN) tingkat SMP. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA--Tiga sekolah di Provinsi Jawa Timur menempati posisi lima besar peringkat nasional untuk hasil UN SMP/MTs 2013. Ada 417 siswa dinyatakan tidak lulus, namun angka tersebut dinilai berkurang.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur (Jatim) Harun mengatakan, tingkat kelulusan UN tahun ini mencapai 99,2 persen, meningkat di banding sebelumnya yang hanya 98,4 persen. Berdasarkan data yang dipaparkan, jumlah peserta UN SMP/MTs sebanyak 540.003 siswa.

"Perbandingannya hanya 0,08 persen yang tidak lulus," kata Harun saat dikonfirmasi Republika, Sabtu (1/6).

Selain jumlah siswa tidak lulus mengalami pengurangan, dia menambahkan, tiga sekolah di Provinsi Jatim juga mendapat prestasi tingkat nasional. Ketiganya yakni, MTs Negeri 1 Malang (peringkat 3), SMPN 1 Lamongan (peringkat 4) dan SMPN 1 Tanjung Bumi, Bangkalan (peringkat 5).

Peringkat 10 nasional juga diraih Jatim, SMPN 1 Kota Surabaya. Harun juga menyatakan, rasa bangganya terhadap siswa MTs 1 Malang, Qorrotul A'yun yang meraih peringkat 3 nasional dengan rata-rata nilai 9,85.

"Selain peringkat 3 besar nasional, Jatim juga mendapat peringkat pertama kejujuran pelaksanaan UN," ujarnya.

Hal itu dilihat dari hasil nilai UN yang lebih tinggi daripada nilai ujian sekolah. Keberhasilan tersebut, kata Harun, diperoleh SMP Nurul Ulum yang rata-rata 8,76, sedangkan ujian sekolahnya 7,09.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement