Jumat 31 May 2013 20:17 WIB

Sumbar Gelar Festival Siti Nurbaya

Peserta berpacu sambil menggunakan sandal dari tempurung/batok kelapa atau
Foto: Antara
Peserta berpacu sambil menggunakan sandal dari tempurung/batok kelapa atau "Tarompa Sayak", saat Festival Siti Nurbaya digelar di Pantai Padang, Sumbar, Rabu, 6 Juli 2012

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Dinas Kebudayaan Sumatra Barat membuka secara resmi Festival Siti Nurbaya III Kota Padang yang berlangsung 31 Mei hingga 8 Juni 2013.

Kepala Dinas Kebudayaan Sumbar, Burhasman Bur mengatakan, pelaksanaan festival ini patut didukung. Karena banyak nilai budaya yang dapat digali dan dikaji kembali oleh masyarakat di daerah ini.

"Festival Siti Nurbaya juga merupakan bagian dan rangkaian dari pengembangan pariwisata di Sumbar. Sebab pada saat yang bersamaan di provinsi ini juga dilaksanakan Tour de Singkarak (TDS) di Kota Bukitinggi," kata Burhasman di Padang, Jumat (31/5).

Dengan festival dan kegiatan yang hampir bersamaan di provinsi ini, lanjut dia, tentu jumlah kunjungan wisatawan diharapkan akan terus meningkat. Sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di Sumbar.

Festival Siti Nurbaya III akan sedikit berbeda dari tahun sebelumnya. Tahun lalu, lebih membangkitkan dan mengenalkan kembali kuliner lokal. Sedangkan untuk 2013, lebih pada menggali kembali kesenian lokal Minangkabau. Seperti tarian atau musik tradisionalnya.

Festival Siti Nurbaya dilakukan agar penonton TDS 2013 juga bisa menyempatkan diri melihat berbagai atraksi budaya yang ditampilkan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement