Jumat 24 May 2013 13:38 WIB

Semua Siswa Lulus, Sistem 20 Soal Dinilai Bagus

Rep: Noey Nurhamidah/ Red: A.Syalaby Ichsan
Ujian Nasional tingkat SMA sederajat.  (Ilustrasi)
Foto: Lucky.R/Antara
Ujian Nasional tingkat SMA sederajat. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,TANGERANG -- Sebanyak 224 peserta Ujian Nasional (UN) dari SMAN 1 Tangerang semuanya dinyatakan lulus. Sejumlah siswa merasa puas atas hasil ujian yang telah dilakukan.

Sementara sistem 20 soal UN yang berbeda dalam satu kelas dinilai bagus karena membuat siswa lebih siap dalam menghadapi ujian.

Wakil Kepala Sekola Bagian Kesiswaan, SMAN 1 Tangerang, Suwarni memaparkan jumlah peserta dari sekolahnya yang mengikuti UN terdapat 224 siswa. Diantaranya terdiri dari 197 siswa dari jurusan IPA dan 27 dari jurusan IPS.

“Alhamdulillah siswa lulus semua, seperti tahun sebelumnya. Ada beberapa siswa yang mendapat nilai sepuluh juga dari berbagai mata pelajaran,” katanya kepada Republika, Jumat (24/5) di SMAN 1 Tangerang.

Menurut Suwarni, berdasarkan informasi dari tim verifikasi telah disampaikan semua siswa dinyatakan lulus. Siswa yang mendapat nilai sepuluh dari sejumlah mata pelajaran yang diujiankan terdiri dari beberapa orang.

“Ada beberapa siswa yang mendapakan nilai sepuluh yang beragam ada yang dari Fisika, Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris juga, ” ujar Suwarni. Namun belum dapat menginformasikan nama siswa-siswa tersebut. Sebab sejauh ini baru mendapatkan informasi mengenai jumlah siswa yang lulus.

Suwarni mengatakan dengan sistem soal UN 2013 cukup bagus tetapi perlu penyempurnaan. Sistem soal seperti ini baru yaitu dengan menggunakan sistem 20 soal yang berbeda dalam satu kelas.

“Dengan sistem soal seperti itu, anak tidak punya kesempatan untuk menyontek. Maka siswa akan lebih siap menghadapi ujian dengan kemampuan sendiri,” paparnya. Selain itu, dengan adanya barcode pada setiap soal ujian juga dapat meminimalisir adanya saling kerja sama diantara siswa saat mengerjakan soal.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement