Jumat 10 May 2013 18:37 WIB

Demokrat Dorong Koalisi Dukung Kompensasi BLSM

Rep: Ira Sasmita/ Red: Karta Raharja Ucu
Saan Mustofa
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Saan Mustofa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Demokrat akan mengintensifkan komunikasi dengan parpol anggota koalisi sekretariat gabungan lainnya. Tujuannya untuk mendulang dukungan kebijakan pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) dengan kompensasi bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM).

"Sempat ada rapat koalisi, akan diadakan lagi. Untuk meminta anggota koalisi mendukung kenaikan BBM dengan bentuk kompensasi yang ditawarkan," kata Sekretaris Fraksi Partai Demokrat, Saan Mustopa, Jumat (10/5).

Selain itu, menurut Saan, penggalangan dukungan juga dilakukan pada fraksi-fraksi di DPR. Fraksi Demokrat akan melakukan pendekatan-pendekatan kepada fraksi lainnya, untuk meyakinkan bentuk kompensasi yang dipilih sesuai dengan upaya menyeimbangkan harga BBM dengan pendapatan masyarakat.

Saan menjelaskan, opsi kompensasi sebenarnya telah dibahas dalam APBN perubahan 2012 lalu. Banyak varian kompensasi yang ditawarkan dan mencakup banyak aspek, seperti pendidikan, pembangunan infrastruktur, kesehatan, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Artinya, kompensasi tersebut memang ditujukan untuk membantu masyarakat yang terkena dampak kenaikan BBM. Bukan, menjadikan kompensasi sebagai salah satu program yang bisa dimanfaatkan untuk kepentingan politik tertentu. "Ini yang perlu dibicarakan lagi, makanya masih terus kami dekati fraksi lainnya," jelas Wasekjen Partai Demokrat itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement