Jumat 10 May 2013 12:55 WIB

Debat Cagub Bali Terancam Batal ?

Rep: Ahmad Baraas/ Red: M Irwan Ariefyanto
Pilkada Bali 2013
Foto: KPUD Bali
Pilkada Bali 2013

REPUBLIKA.CO.ID,DENPASAR - Debat calon gubernur Bali yang akan disiarkan langsung malam ini melalui Metro TV terancam batal. Pasalnya. Pasalnya, pasangan Kandidat Puspayoga-Sukrawan (PAS) yang diusung PDIP, menyatakan absen dalam debat yang akan digelar di Hotel Aston Denpasar, pukul 19.30 Wita.

Surat izin absen itu disampaikan Tim Pemenangan PAS, melalui suratnya yang ditandatangani ketua tim, AAN Oka Ratmadi dan sekretaris Adi Wiryatama, tertanggal 8 Mei 2013. Namun menurut Ketua KPUD Bali, Ketut Lanang Perbawa Sukawati, bahwa debat akan tetap berlangsung, karena memang sudah menjadi agenda KPUD Bali dalam rangka Pilgub. "Persiapan sudah kita matangkan dengan pihak Hotel Aston dan Metro TV, serta pihak pengamanan oleh pihak kepolisian. Jadi acara debat akan tetap dilangsungkan," kata Lanang, pada ROL, Jumat (10/5).

Menurutnya walau pasangan calon PAS tidak hadir, debat akan tetap dilangsungkan, dengan menghadirkan pasangan Pastika-Sudikerta. Yakni pasangan yang diusung oleh Koalisi Bali Mandara, gabungan sembilan partai politik.

Acara debat di TV sesuai Peraturan KPU (PKPU)merupakan acara wajib bagi pasangan calon gubernur/wakil gubernur. Sesuai dengan PKPU nomor 69 tahun 2009 perubahan nomor 14 tahun 2010, dijelaskan pada pasa 24 bahwa debat diwajibkan menjadi tahapan dalam kampanye. Untuk kampanye pilgub Bali, acara debat itu sudah disepakati bersama dan ditandatangani oleh utusan kedua calon gubernur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement