Kamis 02 May 2013 21:36 WIB

Koran Bali Post Dibakar Ala 'Upacara Ngaben', Ada Apa?

Rep: Ahmad Baraas/ Red: Citra Listya Rini
Bali Post
Bali Post

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Sejumlah massa yang tergabung menamakan diri Aliansi Krama Bali Anti Pembodohan Publik membakar setumpuk koran Bali Post. Koran berselogan Koran Nasional yang Diterbitkan di Bali itu dibakar dengan menyerupai upacara pengabenan jenazah umat Hindu.

Kegiatan semacam upacara pengabenan itu berlangsung di lapangan Puputan Renon, dekat monumen Bajra Sandhi, Kamis (2/5). Pembakaran koran dilakukan lantaran kekecewaan sejumlah kelompok masyarakat yang kurang puas dengan pemberitaan Bali Post mengenai Pilgub Bali. 

Bali Post dinilai tidak berimbang dan hanya memuat berita-berita kegiatan pasangan Puspayoga-Sukarawan yang didukung PDI Perjuangan.

Secara terpisah, Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Bali memberikan peringatan keras kepada Bali TV terkait berita dan iklan pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur yang dinilai tidak berimbang. Bali TV adalah media elektronik yang masuk dalam kelompok Bali Post.

"Berdasarkan telaah dan kajian yang kami lakukan, siaran yang disajikan Bali TV sudah meresahkan masyarakat dan menimbulkan reaksi yang dikhawatirkan bisa mengganggu kondusivitas masyarakat," kata Ketua KPID Bali Komang Suarsana.

Kepada wartawan di sela-sela aksi yang digelar Aliansi Krama Bali Anti Pembodohan Publik di depan Monumen Perjuangan Bajra Sandhi, Suarsana menambahkan stasiun televisi tersebut juga menampilkan tulisan di bagian pojok kanan atas berbunyi "Pilgub Bali 15 Mei 2013, Ganti Gubernur". 

Tulisan itu jelas Komang Suarsana, tidak mendidik, bahkan bisa menimbulkan kekisruhan. "Bali TV agar menghilangkan tulisan itu," imbau dia.

Berdasarkan pengamatan Republika, kini tulisan yang tercantum di Bali TV dan dipersoalkan KPID Bali itu sudah tidak muncul lagi di Bali TV. Yang kini muncul adalah gambar pasangan Puspayoga-Sukrawan (PAS) dan tulisan berbunyi "Pilih 1 Ajegkan Bali". Nomor 1 adalah nomor urut pasangan PAS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement