Ahad 28 Apr 2013 13:55 WIB

Survei Capres: Prabowo Bersaing dengan Wiranto

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Karta Raharja Ucu
Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Prabowo Subianto
Foto: Antara
Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Prabowo Subianto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Prabowo Subianto meraih nilai tertinggi dengan 19,8 persen dalam survei elektabilitas calon presiden (capres) yang digelar Lembaga Klimatologi Politik (LKP).

Prabowo bersaing ketat dengan Wiranto yang mendapat nilai 15,4 persen. Sementara posisi ketiga ditempati Megawati Soekarnoputri dengan 13,3 persen.

Survei dilakukan dari 20-30 Maret 2013 di 33 provinsi dengan mengambil sampel 1.225 orang responden, melalui teknik multi stage random sampling. Dengan margin of error sekitar 2,8 persen dan level of convidence 95 persen.

Teknik pengumpulan data wawancara tatap muka dengan dengan responden dibantu kuesioner. Survei hanya membatasi pada tokoh-tokoh nasional yang berada dalam struktur partai. Survei tidak melibatkan tokoh-tokoh alternatif sebagai kandidat capres.

"Jadi nama Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo yang fenomenal dan muncul sebagai capres paling potensial di berbagai survei tak muncul dalam survei kami," ujar Usman Rachman, CEO LKP saat memaparkan hasil survei LKP di Jakarta, Ahad (28/4).

Usman menagtakan secara realitas politik, peluang tokoh alternatif untuk muncul menjadi capres pada Pilpres 2014 sangat kecil, "Dan cenderung hanya menjadi wacana."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement