Rabu 17 Apr 2013 09:20 WIB

Harga Bawang Merah Turun Tajam

Rep: Fuji Pratiwi/ Red: Dewi Mardiani
Bawang merah
Bawang merah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Harga bawang merah saat ini mengalami penurunan yang cukup tajam. Setelah pernah menyentuh harga Rp 80 ribu per kilogram, kini harganya turun sekitar Rp 25 ribu per kilogram.

Setelah sekitar dua bulan melonjak sangat tinggi, sejak awal April 2013, harganya mulai turun. Dari pantauan, harga bawang merah turun tiga hingga empat kali dari harga setelah naik.

Menurut seorang pedagang di pasar Kramat Jati, Jakarta Timur, harga bawang merah memang diakuinya sudah turun. "Harganya turun dari Rp 80 ribu menjadi Rp 25 ribu bahkan ada yang Rp 20 ribu per kilogram,’’ kata Bu E, Rabu (17/4).

Sementara asisten manajer Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pasar Kramat Jati, Murodin, mengatakan harga bawang merah turun menjadi Rp 35 ribu dari harga sebelumnya Rp 80 ribu. Menurutnya, sejak 10 April, harga bawang sudah Rp 45 ribu. Lalu berangsur-angsur makin turun dan hari ini sudah di kisaran Rp 35 ribu.

Salah seorang petugas di pasar tersebut mengatakan, dalam 60 hari, harga bawang merah turun dengan harga yang bervariasi. ‘’Harga itu tergantung kualitasnya."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement