Ahad 07 Apr 2013 09:20 WIB

Pekerjaan Sambilan Ternyata Tak Ganggu Kuliah

Rep: Heri Purwata/ Red: Dewi Mardiani
 Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN Suka)
Foto: uin.suka.ac.id
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN Suka)

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Pembantu Rektor (Purek) II Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Nizar Ali, mengatakan keahlian entrepreneur yang diajarkan kepada mahasiswanya telah membuahkan hasil. Banyak mahasiswa UIN yang menjadi wirausaha seperti usaha fotocopi, laundry, kafe, warung angkringan, dan sebagainya.

“Ternyata anggapan bahwa berwirausaha akan mengganggu kegiatan kuliah atau menurunkan prestasi akademik tidak sepenuhnya benar. Sebaliknya, banyak mahasiswa UIN yang mampu meraih porestasi akademik bagus, sekaligus sukses berwirausaha,” kata Nizar Ali kepada wartawan seusai mewisuda 703 sarjana baru di Yogyakarta, kemarin.

Belum lama ini, kata Nizar, mahasiswa UIN Sunan Kalijaga dari Kendal, Nasrullah, sukses merintis usaha Kendal Agro Atsiri, yang bergerak di bidang penyulingan minyak atsiri dari daun cengkih. Usaha yang dirintis sejak tahun 2010 itu kini telah memiliki omzet miliaran rupiah yang dipasarkan ke Swiss dan Jerman.

“Usaha Nasrullah tidak hanya mampu mencukupi kebutuhan hidup diri dan keluarganya. Tetapi mampu membantu penghidupan ratusan warga di tempat tinggalnya, Desa Ngargosari, Sukorejo, Kendal, Jawa Tengah. 

Dari contoh tersebut, Nizar Ali, berharap agar lulusan UIN Sunan Kalijaga ini dengan mantap menetapkan satu di antara tiga pilihan. Pertama, melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi, kedua terjun ke dunia kerja profesional berbekal keahlian keilmuan di bidangnya, dan ketiga memantapkan diri terjun ke dunia enterpreneur merintis menjadi pengusaha-pengusaha muda mandiri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement