Selasa 02 Apr 2013 20:00 WIB

Pengamat: ERP Lebih Efektif dari Ganjil-Genap

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Dewi Mardiani
 Kemacetan lalu lintas yang terjadi di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Rabu (6/2), akibat hujan deras yang mengguyur kota Jakarta.
Foto: Republika/Muda Saleh
Kemacetan lalu lintas yang terjadi di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Rabu (6/2), akibat hujan deras yang mengguyur kota Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kebijakan ganjil-genap yang rencananya diterapkan di DKI Jakarta terancam batal. Hal itu karena efektivitas ganjil genap masih dipertanyakan karena diperbolehkannya penukaran pelat nomor.

Menurut Pengamat Transportasi dari Universitas Indonesia, Arfinsyah, penundaan bahkan pembatalan akan lebih baik karena pelayanan fasilitas kendaraan umum yang belum optimal. Selain itu juga, jika benar konsep tersebut dapat mengurangi kemacetan hingga 50 persen pun tidak efektif.

"Pemprov belum siap untuk menerapkan ganjil-genap, karena penanganan dampaknya belum dapat dilakukan," ujarnya, Selasa (2/4).

Ada banyak masalah untuk penerapan ganjil-genap. Belum lagi memperbanyak oknum polisi untuk menilang mobil-mobil yang melanggar. Lagipula, kata dia, sebenarnya tidak masalah menunggu dua tahun lagi untuk mempersiapkan Electronic Road Pricing (ERP) tanpa harus menerapkan ganjil-genap saat ini.

Di negara manapun ganjil-genap sudah terbukti gagal. Tetapi Jakarta masih dapat menggunakannya. "Tidak perlu gengsi, kalau pemprov ingin membatalkan kebijakan tersebut jika dampaknya tidak terlalu signifikan," ujarnya. Selain itu, ERP sudah sejak lama telah dipersiapkan regulasinya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement