Senin 01 Apr 2013 07:13 WIB

'Demokrat Harus Berani Usung Tokoh Muda Sebagai Capres 2014'

Partai Demokrat
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Partai Demokrat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Partai Demokrat diharapkan bisa mengusung tokoh muda sebagai calon presiden pada Pilpres 2014.

Menurut Jeffrie Geovanie, dewan penasihat pada  Center for Strategic and International Studies (CSIS), peluang untuk berani menampilkan tokoh muda sebagai capres 2014 ada pada Partai Demokrat.

''Terlepas pro dan kontra atas pilihan SBY sebagai ketua umum Partai Demokrat, apakah partai ini memiliki figur baru, muda, dan penuh harapan untuk diusung sebagai capres,'' ujar Jeffrie kepada ROL, Senin (1/4).

Menurut Jeffrie, bila  Partai Demokrat mengusung tokoh muda pada 2014, maka akan menjadi magnet elektoral baru yang akan mengatrol kembali partai berlambang bintang mercy itu menjadi partai yang dipercayai masyarakat.

''Kejeniusan dan kejelian SBY dalam melihat peluang ini tidak perlu diragukan lagi. Dengan berani mencapreskan tokoh muda pada 2014, maka Partai Demokrat setidaknya akan mampu bertahan di angka 15 persen,'' tutur Jeffrie.

Perolehan itu, kata dia,  cukup aman untuk menempatkan Partai Demokrat sebagai pemenang pemilu ke-4 di bawah PDIP, Gerindra dan Golkar.

Jeffrie mengungkapkan, figur muda yang dekat dengan SBY antara lain Gita Wiryawan, Dino Pati Jalal, atau dari dalam lingkungan partai Demokrat ada figur seperti Roy Suryo.

''Tentu bila itu pilihannya, dapat diduga pilihan SBY akan lebih kuat pada figur Gita Wiryawan. Kita tunggu saja. Figur pilihan tersebut bisa maju sebagai capres atau dipasangkan dengan figur capres yang kuat yaitu Jokowi,'' kata Jeffrie.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement