Rabu 27 Mar 2013 03:01 WIB

Kudus Butuh Rp 12 Miliar Bangun Museum Fosil

Fosil lengan Nyasasaurus
Foto: foxnews.com
Fosil lengan Nyasasaurus

REPUBLIKA.CO.ID, KUDUS -- Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, mengusulkan kepada pemerintah pusat dana bantuan untuk pengembangan museum khusus fosil purba sebesar Rp 12 miliar.

"Saat ini, proses pembangunan museum memang sudah selesai dengan dana APBD Kudus 2012 sebesar Rp 500 juta," Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kudus, Hadi Sucipto, seperti dikutip Antara.

Akan tetapi, untuk melengkapi sejumlah fasilitas yang diperlukan, pihaknya membutuhkan dana yang cukup besar. Sedangkan untuk diusulkan lewat APBD Kudus, kata dia, dimungkinkan sulit terealisasi. Karena, usulan dalam proses pembangunan museum sekaligus kelengkapannya pada APBD 2012 sebesar Rp 4 miliar hanya disetujui Rp 500 juta.

Untuk itu, pihaknya mencoba mengajukan dana bantuan ke Pemerintah Pusat sebesar Rp 12 miliar. Apabila pengajuan dana dari Pemerintah Pusat berhasil, kata Hadi, museum fosil purba di kompleks Balai Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Kudus, diyakini bisa disejajarkan dengan Museum Sangiran.

Dengan dana belasan miliar tersebut, katanya, semua fasilitas untuk mendukung julukan museum fosil purba akan dipenuhi. Itu termasuk kemudahan akses bagi pengunjung serta fasilitas lain untuk memberikan kenyamanan setiap pengunjung yang datang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement