Sabtu 23 Mar 2013 11:16 WIB

Pengacara Korban: Penembakan Tahanan Tanggung Jawab Polda DIY

Rep: Indra Wisnu Wardhana/ Red: Dewi Mardiani
Sejumlah Polisi bersenjata lengkap bersiaga setelah terjadi penyerbuan di Lapas 2B Cebongan, Sleman, Yogyakarta, Sabtu (23/3).
Foto: Antara
Sejumlah Polisi bersenjata lengkap bersiaga setelah terjadi penyerbuan di Lapas 2B Cebongan, Sleman, Yogyakarta, Sabtu (23/3).

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Salah seorang tim pengacara dari empat korban penembakan di Lapas Cebongan, Sleman, DIY, menyebutkan bahwa peristiwa berdarah di lapas itu merupakan tanggung jawab Polda DIY.

"Kejadian ini merupakan tanggung jawab Polda (DIY). Karena korban sifatnya adalah tahanan titipan," tegas Rio Rama Baskara, di Lapas Cebongan, Sleman. Rio datang ke Lapas Cebongan bersama tiga rekannya, yaitu Wandy Marceli, Burhan Nur Akbar Pasha dan M Yusuf, Sabtu (23/3) pagi.

Kedatangan mereka bertujuan untuk mengecek kondisi terakhir keempat korban, yang merupakan tersangka kasus kericuhan di Hugos Cafe beberapa waktu lalu. Kericuhan tersebut menewaskan seorang anggota Kopassus grup II Kandang Menjangan Kartasura, Sertu Santoso.

Rio menyatakan ada kejanggalan dalam pemindahan empat tersangka ini dari Mapolda DIY ke Lapas Cebongan. Terlebih, kata dia, alasan yang diutarakan saat pemindahan adalah sedang ada renovasi sel tahanan. "Kami akan lihat perkembangan terlebih dahulu sebelum memutuskan tindakan lebih lanjut. Sampai sekarang pun kami belum bisa masuk ke dalam Lapas," tukas Rio.

Empat tersangka yang juga menjadi korban penyerangan dini hari tadi adalah, Yohanes Juan Manbait, Gameliel Yermiayanto, Hendrik Angel Sahetapi, dan Adrianus Candra Galaja.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement