Kamis 21 Mar 2013 01:09 WIB

Konsep Pengaderan NU Pendekatan Keindonesiaan

Rep: Agus Raharjo/ Red: Dewi Mardiani
Nahdlatul Ulama
Nahdlatul Ulama

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Organisasi massa (Ormas) Nahdlatul Ulama (NU) merupakan Ormas Islam terbesar di Indonesia. Ulama-ulamanya sudah tersebar di seantero wilayah nusantara. Bahkan, ulama-ulama NU termasuk yang paling solid memersatukan pesantren-pesantren.

Pasalnya, kunci pengaderan NU didasarkan pada pendekatan keindonesiaan. Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, Marsudi Syuhud, mengungkapkan NU bukan sekadar stake holder di bumi Indonesia, melainkan pendiri. Hal itulah yang selalu ditanamkan pada kader NU, agar selalu menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Kalau tidak ada tanah tumpah darah dan air, di mana NU bisa berdiri? Di langit? Sebab itu NU menjaga keutuhan NKRI," kata Marsudi, Rabu (20/3).

Marsudi menambahkan, NU menggunakan setiap instrumen pendidikan untuk mendidik kader-kadernya. Bukan hanya melalui pesantren. Pasalnya, hakikat ilmu itu berasal dari Allah SWT, kata Marsudi. Jadi, bagi warga NU, tidak ada pembedaan ilmu agama atau ilmu umum. "Kalau umat butuh listrik, hukumnya fardhu kifayah ulama NU belajar listrik," katanya.

NU sendiri memiliki lembaga pendidikan yang sudah tersebar di Indonesia. Namun, kata Marsudi, NU tidak membedakan antara ilmu umum dan agama atau sekolah umum atau madrasah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement