Sabtu 16 Mar 2013 10:52 WIB

Bus APTB Depok Beroperasi Tahun Ini

Rep: Halimatus Sadiyah/ Red: Yudha Manggala P Putra
Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway (APTB)
Foto: Republika/Agung Fatma
Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway (APTB)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kota Depok akan segera memiliki Angkutan Perbatasan Terintegrasi Transjakarta (APTB) yang akan menghubungkan kota itu dengan tempat-tempat di Jakarta. Kehadiran APTB itu ditargetkan mulai beroperasi tahun ini.

"Saat ini kita masih melakukan koordinasi dengan Dinas Perhubungan Depok," ujar Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Udar Pristono saat dihubungi Republika, Sabtu (16/3).

Namun demikian, Pris, begitu ia biasa disapa, mengaku belum bisa memastikan bulan apa APTB Depok itu akan diluncurkan. "Pokoknya tahun ini, dari Maret sampai Desember."

Ia juga belum bisa memastikan trayek yang akan ditempuh oleh APTB Depok itu. Sebab, kata dia, pembahasan mengenai pengadaan angkutan massal yang terintegrasi dengan busway tersebut belum mendalam.

Menurut dia, pada tahap awal peluncuran APTB Depok nanti, akan disediakan minimal sepuluh armada bus. Bus yang akan digunakan juga sama seperti bus APTB lain yang sudah beroperasi saat ini.

Hingga saat ini, Dinas Perhubungan DKI Jakarta sudah berhasil meluncurkan sejumlah rute APTB yang menghubungkan Jakarta dengan kota-kota penyangga di sekitarnya. Bus APTB yang sudah beroperasi yaitu rute Cibinong-Grogol, Bogor-Rawamangun, Tangerang-Tomang, Ciputat-Kota, dan Bekasi-Pulogadung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement