Rabu 06 Mar 2013 18:05 WIB

SBY Terbitkan Keppres Sail Komodo

Rep: Esthi Maharani/ Red: Fernan Rahadi
Komodo, the giant lizard (illustration)
Foto: Antara/Widodo S Jusuf
Komodo, the giant lizard (illustration)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  -- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) telah menerbitkan Keputusan Presiden (Keppres) nomor 8 tahun 2013 tentang Panitia Nasional Penyelenggara Sail Komodo tahun 2013.

Keppres tersebut diterbitkan pada akhir Februari lalu. Disebutkan dalam Keppres tersebut, Sail Komodo 2013 digelar untuk percepatan pembangunan dan pengembangan potensi sumber daya kelautan dan pariwisata Indonesia.

Diharapkan dengan adanya kegiatan tersebut, masyarakat khususnya masyarakat pesisir dan pulau-pulau kecil bisa meningkat kesejahteraannya. Dalam susunan Panitia Nasional, Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) Agung Laksono ditunjuk sebagai Ketua Pengarah Sail Komodo 2013.

Menteri Kelautan dan Perikanan, Sharif Tjiptardjo ditunjuk sebagai Ketua Panitia Pelaksana Tingkat Pusat. Sekretaris Dewan Kelautan Indonesia Dedi H Sutrisna ditunjuk sebagai ketua pelaksana tingkat daerah.

 

Panitia pun diharuskan segera menyiapkan penyelenggaraan Sail Komodo 2013. Termasuk menyiapkan anggaran. Nantinya, panitia bertanggung jawab langsung kepada presiden.

Rencananya, dalam Sail Komodo 2013, akan digelar sejumlah kegiatan. Di antaranya upacara bendera peringatan HUT Kemerdekaan RI di salah satu pulau terluar, bakti sosial dan pelayanan kesehatan, bakti kesejahteraan rakyat nusantara, badan usaha milik negara Peduli Komodo, Lintas Nusantara Remaja dan Pemuda Bahari, Ekspedisi Kapal Riset Internasional dan Ekspedisi Ilmiah Pulau Terluar, Seminar Nasional dan Internasional, Reli Kapal layar, kegiatan tentang potensi pariwisata, budaya dan alam serta wawasan kebangsaan dan bela negara, penyelenggaraan olahraga bahari, pameran potensi daerah dan festival Derawan 2013.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement