Rabu 27 Feb 2013 23:02 WIB

Gubernur: Monorel Segera Dibangun di Palembang

  Prototipe monorel buatan PT Melu Bangun Wiweka di Tambun, Bekasi, Jawa Barat. Selasa (29/1).  (Republika/Adhi Wicaksono)
Prototipe monorel buatan PT Melu Bangun Wiweka di Tambun, Bekasi, Jawa Barat. Selasa (29/1). (Republika/Adhi Wicaksono)

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin memastikan pembangunan jalur kereta api tunggal atau yang biasa dikenal dengan monorel, segera direalisasikan di Kota Palembang.

"Monorel pertama di Indonesia itu dipastikan pada 2013 ini segera dimulai pembangunannya," kata Gubernur Alex Noerdin ketika menghadiri acara pertemuan dengan awak media dan pengelola lembaga penyiaran se-Sumsel di Palembang, Rabu (27/2).

Menurutnya, untuk mewujudkan pembangunan monorel itu, pada Januari 2013 dirinya telah menandatangani nota kesepakatan atau Memorandum of Understanding (MoU) pembangunan monorel dengan PT True North Bridge Capital.

Dengan dilakukakannya penandatanganan MoU tersebut, pihaknya segera mempersiapkan hal-hal yang dapat mempercepat realisasi pembangunan proyek yang diharapkan dapat mengatasi masalah kemacetan arus lalu lintas di ibu kota provinsi ini.

Permasalahan kemacetan arus lalu lintas itu perlu segera dicarikan solusinya dengan menyiapkan moda transportasi alternatif massal seperti monorel yang diharapkan bisa memudahkan mobilisasi warga dari rumah ke tempat kerja atau tempat beraktivitas lainnya, kata gubernur.

Dijelaskannya, pada tahap awal pembangunan monorel akan dimulai dari koridor bandar udara internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang, Jembatan Ampera hingga kawasan pusat arena olah raga Jakabaring.

Pelaksanaan proyek monorel tersebut diperkirakan menelan dana sebesar Rp 5 triliun.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement