Selasa 12 Feb 2013 10:18 WIB

Syafii Maarif Heran Paus Benediktus Mundur

Rep: Muhammad Hafil/ Red: Karta Raharja Ucu
Paus Benedict XVI
Foto: wikipedia
Paus Benedict XVI

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mundurnya Paus Benediktus VXI membuat mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Syafii Maarif heran.

Pasalnya, ini adalah kali pertama paus mengundurkan diri dalam enam abad alias 600 tahun terakhir.

Padahal, jika alasan mundurnya karena masalah kesehatan, Paus Benediktus dinilai Syafii lebih baik ketimbang Paus Yohannes. Meski begitu, Syafii mengaku menghargai keputusan Paus Benediktus tersebut.

Di mata Syafii, Paus Yohannes Paulus II lebih akrab dengan umat-umat beragama lain dibanding dengan Paus Benediktus XVI.

“Paus Yohannes Paulus II jauh lebih luwes. Dia lebih akrab dengan tokoh lintas iman,” kata Syafii saat dihubungi ROL, Selasa (12/2).

Paus Benediktus  XVI berusia 78 ketika terpilih pada 2005. Ia menggantikan Paus Yohanes Paulus II yang meninggal dunia.

Paus yang mempunyai nama asli Joseph Ratzinger adalah salah satu dari paus-paus baru yang tertua dalam sejarah Vatikan. Setidaknya dalam 275 tahun terakhir sejak Paus Klemens XII yang terpilih pada 1730. Saat terpilih, Paus Klemens XII berusia tiga bulan lebih tua dari Ratzinger yang kini berusia 85 tahun.

Paus Benedict XVI mengumumkan rencana pengunduran dirinya, Senin (11/2). Secara resmi, Paus akan meninggalkan singgasana pemimpin Katolik pada 28 Februari 2013.

Pengumuman mengejutkan tersebut semula dilaporkan kantor berita Italia, Ansa, yang melaporkan keputusan Paus yang terkesan mendadak itu mendapat konfirmasi dari Juru Bicara Vatikan, Federico Lombardi.

“Paus mengumumkan bahwa ia akan meninggalkan kepausannya pada pukul tujuh malam (waktu Irlandia) pada 28 Februari," kata Lombardi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement