Ahad 10 Feb 2013 09:30 WIB

Biak Bangun Perpustakaan Rp 25 Miliar

Pengunjung mencari buku di Perpustakaan Jakarta Islamic Center, Jakarta.
Foto: Republika/Agung Supri
Pengunjung mencari buku di Perpustakaan Jakarta Islamic Center, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, BIAK -- Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Papua, melalui Dinas Pendidikan pada tahun anggaran 2013 mengalokasikan dana sebesar Rp 4 miliar. Dana akan digunakan untuk membangun gedung fisik perpustakaan daerah.

Kepala Dinas Pendidikan Biak, Hendri Jan Rumkabu, di Biak, Minggu mengakui gedung Perpustakaan daerah sangat dibutuhkan di Biak sebagai pusat sumber ilmu pengetahuan.

Apalagi, Biak sebagai pusat pendidikan di kawasan Teluk Cenderawasih dengan memiliki tujuh perguruan tinggi swasta itu sangat mendambakan kehadiran gedung perpustakaan daerah yang representatif.

"Gedung perpustakaan daerah Biak yang ada saat ini kurang layak dan tidak representatif sehingga perlu dibangun baru," ungkap Hendri.

Ia nengakui Pemkab Biak merencanakan pembangunan gedung perpustakaan daerah secara bertahap. Keseluruhan biaya mencapai Rp 25 Miliar.

Dia berharap selama dua tahun anggaran 2013-2014 fasilitas fisik gedung perpustakaan daerah berlokasi di kawasan jantung kota Biak dapat menjadi pusat belajar siswa, mahasiswa dan masyarakat umum yang ingin memperoleh berbagai ilmu pengetahuan.

Pada tahun 2012, Perpustakaan Nasional memberikan bantuan satu unit kendaraan operasional perpustakaan keliling kepada Pemkab Biak.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement