Sabtu 09 Feb 2013 10:46 WIB

Mantap, Petani Indramayu Siap Ekspor Sayur ke Singapura

Singapura
Singapura

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU---Sejumlah petani sayuran dataran rendah di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, siap memenuhi pesanan ekspor tujuan Singapura saat musim tanam penghujan.

Kepala Seksi Kelembagaan dan Pengembangan Badan Ketahan Pangan dan Penyuluhan Kabupaten Indramayu, Ir Anang kepada wartawan di Indramayu, Sabtu mengatakan petani yakin mampu penuhi pesanan sayuran untuk pasar ekspor Singapura.

Ia menambahkan, musim tanam penghujan produksi sayuran dataran rendah cukup maksimal dibandingkan kemarau, sehingga permintaan pasar ekspor terpenuhi, selain kebutuhan pedagang lokal tetap diutamakan.

"Tanaman sayuran dataran rendah semakin diminati oleh petani Kabupaten Indramayu, karena menguntungkan mereka, harapannya terus dikembangkan supaya pasokan sayuran tersebut tetap stabil,"katanya.

Sementara itu Andi Kustanto pelopor petani sayuran dataran rendah menuturkan, petani Indramayu mulai melirik sayuran dataran rendah karena keuntungannya masih menjanjika, terutama memenuhi pasar ekspor.

"Lahan pertanian di daerah pesisir pantai utara Indramayu, cocok dan potensial untuk dikembangkan berbagai jenis sayuran dataran rendah,"katanya.

Awalnya, sebagian petani tidak percaya sayuran yang biasa dikembangkan di lereng gunung tumbuh subur di daerah pantai karena udara panas, kini budi daya tanaman tersebut semakin meluas.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement