Rabu 06 Feb 2013 11:07 WIB

BMKG Terus Pantau Kelanjutan Peringatan Tsunami

Rep: Riana Dwi Resky/ Red: Citra Listya Rini
Logo BMKG
Logo BMKG

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berdasarkan PTWC (Pacific Tsunami Warning Center) yang diupdate pukul 09.05 WIB, gempa dengan 8 skala richter (SR) mengguncang Solomon, Rabu (5/2). Peringatan tsunami lalu segera dikeluarkan bagi pulau-pulau di Pasifik Selatan.

Badan Survei Geologi AS mengatakan gempa terjadi pada pukul 01.12 GMT (atau pukul 08.12 WIB) di dekat Santa Cruz Islands, yang merupakan bagian dari Kepulauan Solomon. Gempa itu terjadi di kedalaman 5,8 kilometer. 

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik di Hawaii memperingatkan bahwa gempa besar itu bisa memicu "tsunami destruktif" di dekat pusat gempa.

Berdasarkan analisis PTWC, diperkirakan Tsunami akan sampai ke Papua New Guinea 2 jam setelahnya, dan diperkirakan akan sampai di 4,5 jam berikutnya yaitu pada pukul 15.30 WIT. Berdasarkan pantauan PTWC masih belum ada informasi laporan kerusakan dari berbagai negara yang kemungkinan terkena.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, DR. Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, BNPB masih menunggu peringatan dini tsunami dari BMKG, sebab BMKG merupakan institusi yang berwenang mengeluarkan warning tsunami di Indonesia. ''BNPB akan terus berkoordinasi dengan BMKG'', ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement