Selasa 05 Feb 2013 00:24 WIB

Dituduh Lalai Pajak, SBY Membantah

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono
Foto: Antara
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono

REPUBLIKA.CO.ID, JEDDAH -- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menegaskan, keluarganya taat membayar pajak. Karenanya, tidak ada penyimpangan dalam pembayaran iuran kepada negara tersebut.

"Saya prihatin keluarga saya yang bekerja seperti ini dengan harta yang bisa kami pertanggungjawabkan dianggap tidak taat membayar pajak," kata SBY di Jeddah, Senin (4/2), seperti dilaporkan wartawan Republika, Nasihin Masha.

Ia mengaku sudah memenuhi kewajiban pajak sesuai dengan undang-undang yang berlaku. Meski pun, Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat tersebut tidak memberikan rincian mengenai pajak yang dibayarkannya. 

"Prosesnya juga akuntabel. Setelah saya isi kewajiban saya, saya minta tolong dicek apa ada yang terlewat? Apa ada yang lebih atau yang kurang. Karena saya tidak ingin ada satu rupiah yang kurang," lanjut dia.

Sebagai pejabat negara, ucap SBY, ia telah melaporkan seluruh harta kekayaan yang dimilikinya sesuai aturan. Termasuk juga memperbaharui informasi mengenai harta yang dimiliki. 

Baik itu sebelum menjadi presiden mau pun saat menjadi orang nomor satu di Tanah Air. Hal sama juga dilakukan anak-anaknya, yaitu Mayor Infranteri Agus Yudhoyono dan Edhie Baskoro Yudhoyono.  

"Istri Agus, Anisa karena sebelum menikah punya penghasilan sendiri, misalnya sebagai presenter dan foto model, juga punya kewajiban membayar pajak terpisah dari yang dibayarkan suaminya Agus," tutur dia. 

Baik Agus dan Anisa, lanjut dia, dipastikan membayar pajak bahkan sudah diverifikasi Ditjen Pajak. 

Ia pun meminta agar jangan ada pihak yang mudah curiga dan menuduh sembarang. "Mari kita junjung tinggi kebenaran dan keadilan. Itu penjelasan saya yang sah," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement