Ahad 03 Feb 2013 11:32 WIB

Jokowi Datangi Warga di Lagoa

Rep: Riana Dwi Resky/ Red: Djibril Muhammad
Jokowi membagikan Kartu Jakarta Sehat ke Warga DKI
Foto: Republika/Adhi W
Jokowi membagikan Kartu Jakarta Sehat ke Warga DKI

REPUBLIKA.CO.ID, KOJA -- Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) mendatangi Jalan Lagoa Terusan, Gang C2 RT 015 RW 01 Kelurahan Lagoa, Jakarta Utara. Kunjungan ini dalam rangka 'Aksi Jakarta Bersih (AJB)' dan pembagian bantuan pada warga yang kena musibah banjir bulan lalu. 

Gubernur DKI Jakarta, Jokowi mengatakan, AJB ini menjadi awal gerakan bersih yang sekaligus menjadi gerakan sosial masyarakat. Kegiatan ini akan dimulai di Lagoa dan Penjaringan, lalu ke wilayah-wilayah lainnya.

"Sekarang baru dua, tapi mungkin bulan depan bisa seratusan tempat," ujarnya, di Koja, Jakarta Utara, Ahad (3/1).

Jokowi mengatakan tanpa gerakan dari masyarakat, Jakarta bersih takkan bisa diwujudkan. Untuk itu, kegiatan ini akan terus dikampanyekan. 

Koordinator 'Aksi Jakarta Bersih', Anto mengatakan, kegiatan relawan di AJB seperti kerja bakti, menyediakan tong sampah dan alat kebersihan didukung pemerintah. "Iya, kami bekerja sama dengan seluruh SKPD," ujarnya pada Republika, Ahad (3/2).

'Aksi Jakarta Bersih' (AJB) ini terdiri atas beberapa komunitas. Di antaranya, 'Relawan Muda Jakarta', 'JBKaskus', 'Beranda Jokowi Basuki' dan seluruh elemen masyarakat.

Anto menyebutkan tujuan utama AJB ini yaitu menyadarkan kembali pentingnya kerja ssama dan gotong royong dalam menjaga kebersihan di daerah masyarakat.

Untuk hari ini dua daerah tujuan AJB yaitu Kelurahan Lagoa dan Kelurahan Penjaringan, Jakarta Utara. Kegiatan kerja bakti sendiri akan dilaksanakan seminggu sekali.

Rencananya, di Lagoa akan dibangun kampung deret. Sebanyak 1000 kepala keluarga telah setuju. Namun, daerah ini belum pernah dikunjungi pihak pemerintah, sehingga perlu diketahui apa-apa saja yang perlu diperbaiki. Dari Lagoa, Jokowi akan melanjutkan ke Penjaringan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement