Sabtu 02 Feb 2013 22:20 WIB

Komik Indonesia Raih Penghargaan Manga Internasional

Muhammad Fathanatul Haq, ilustrator komik
Foto: Antara
Muhammad Fathanatul Haq, ilustrator komik "5 Menit Sebelum Tayang" yang meraih Silver Award dalam International Manga Award ke-6. Upacara penganugerahan penghargaan diselenggarakan pada 8 Februari 2013 di Tokyo, Jepang

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komik buatan anak bangsa meraih Silver Award dalam International Manga Award. Komik '5 Menit Sebelum Tayang' berhasil menyisihkan 244 karya pesaing dari 38 negara di ajang yang diselenggarakan untuk keenam kalinya.

Rilis Kementerian Luar Negeri Jepang menyatakan, komik karya Muhammad Fathanatul Haq dan Ockto Baringbing merupakan salah satu dari tiga pemenang Silver Award. Kemenangan ini pun disambut gembira oleh sang ilustrator. 

"Sebagai penggambar saya senang sekali. Tapi sebagai pembuat cerita, saya iri dengan Ockto yang bisa bikin cerita seperti itu," kata dia', Sabtu (2/2) malam.

Ia menceritakan, komik '5 Menit Sebelum Tayang' mengisahkan mengenai lika-liku Budi, editor stasiun televisi, dalam menghadapi dunia pertelevisian Indonesia.

International Manga Award diadakan sejak Mei 2007 oleh pemerintah Jepang. Lomba itu dibuat untuk memberi penghargaan pada komikus asing yang telah berkontribusi dalam mempromosikan manga di luar Jepang.

Indonesia adalah negara terbanyak ketiga yang mengirimkan 21 aplikasi. Peserta terbanyak berasal dari Thailand dengan 47 karya, diikuti Taiwan dengan 36 karya.

Upacara penganugerahan penghargaan bagi para pemenang Gold Award dan Silver Award dilaksanakan di Tokyo pada 8 Februari mendatang.

Pemenang Gold Award adalah Kosin Jeenseekong dengan "Listening to the Bell" dari Thailand. Sedangkan dua peraih Silver Award lainnya adalah "Melon Seed School Vol 3" karya Ittiwat Suriyamart dari Thailand. Serta "Floating Flower" karya Yao Wei dari Cina. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement