Kamis 31 Jan 2013 19:56 WIB

Sang Kuriang dalam Balutan Opera Klasik

Rep: Gita Amanda/ Red: Hazliansyah
Drama musikal Sang Kuriang
Drama musikal Sang Kuriang

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apa jadinya jika cerita rakyat tradisional dipadukan dengan balutan musik opera klasik? Sebuah suguhan tradisional nan klasik akan ditampilkan Paduan Suara Universitas Parahyangan (Unpar), melalui panggung drama musikal bertajuk Sang Kuriang.

Bertempat di Teater Jakarta Taman Ismail Marzuki, Paduan Suara Unpar bekerja sama dengan Djarum Apresiasi Budaya menggelar sebuah drama musikal. Tak sembarangan, drama musikal tersebut diangkat dari cerita rakyat tradisional Jawa Barat, Sang Kuriang.

Drama yang disutradarai Wawan Sofwan tersebut rencananya akan memadukan unsur budaya tradisional dalam cerita dengan lantunan musik-musik opera klasik khas Paduan Suara. Melalui perpaduan tersebut diharapkan akan menghasilkan sebuah karya yang memadukan unsur budaya luar yakni musik klasik tanpa meninggalkan unsur tradisional Indonesia sebagai identitas bangsa.

Direktur Musik Drama Musikal Sang Kuriang Avip Priatna mengatakan, Sang Kuriang tak sekadar drama musikal biasa. Sebab melalui Sang Kuriang, Avip dan teman-teman ingin mengubah stigma bahwa Paduan Suara hanya sekadar bernyanyi lagu-lagu klasik. Lebih jauh Avip ingin mengenalkan pada masyarakat luas, bahwa Paduan Suara dapat tampil dalam format yang lebih menarik yakni drama musikal.

"Ini akan menjadi drama musikal terindah di Indonesia," ujar Avip optimis pada wartawan beberapa waktu lalu.

Nantinya Sang Kuriang juga akan menyuguhkan nuansa musik klasik yang akan dikolaborasikan dengan bebunyian tradisional khas Jawa Barat. Hal ini untuk mengingatkan generasi muda untuk mencintai kebudayaan tradisional Indonesia yang kian hari kian terkikis.

Hal senada disampaikan Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation, Renitasari. Menurutnya, Sang Kuriang dipersembahkan untuk generasi muda Indonesia. Agar ke depannya masyarakat Indonesia khususnya generasi muda dapat terus mencintai kebudayaannya.

"Ini Seni pertunjukkan pertama yang kami dukung. Kami harap melalui drama musikal ini masyarakat Indonesia dapat lebih mencintai budayanya," tutur Renitasari.

Sang Kuriang rencananya akan dipentaskan pada 1-3 Februari 2013 dengan tiket sebesar Rp 100 ribu - 1 juta. Tak hanya diperankan oleh sekitar 60 anggota Paduan Suara Unpar, drama musikal ini juga melibatkan salah seorang penyanyi. Ia adalah Sita RSD yang berperan sebagai Dayang Sumbi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement